Transfer LinkAja Pending Saldo Terpotong? Jangan Panik

Kali ini carabimo.com akan berbagi pengalaman transfer LinkAja pending tapi saldo terpotong. Tepatnya ketika transfer LinkAja ke Bank Mandiri sekitar jam 3 pagi. Awalnya agak panik, karena nominal uang yang kami kirim lumayan banyak yaitu sekitar 700.000 rupiah.

Advertisement

Selain itu, awalnya saat transfer dari BTN ke LinkAja pada jam yang sama lancar, tetapi saat akan mengirim dari LinkAja ke Mandiri ternyata hasilnya transfer pending.

Setelah menunggu sampai jam offline Bank Mandiri berakhir, saldo belum juga masuk ke rekening bank. Jujur saja ini merupakan pengalaman pertama gagal transfer LinkAja ke bank dengan status pending seperti itu.

Meskipun memang untuk status pending sudah pernah mengalami beberapa kali, tapi bukan saat kirim uang ke rekening bank. Waktu itu pernah juga mengalami pending saat top up e-money namun beberapa saat kemudian saldonya kembali.

Tapi untuk transaksi terakhir ini, meskipun sudah menunggu saldo akun LinkAja tidak kunjung kembali alias masih terpotong 700.000.

Pengalaman Transfer LinkAja Pending Saldo Sudah Terpotong

Setelah mencari informasi terutama di Twitter resmi LinkAja, ternyata ada juga pengguna lain yang mengalami hal serupa.

Ada yang transfer pending LinkAja ke BRI, BNI maupun bank lain, kemudian setelah membaca jawaban dari CS LinkAja di Twitter ternyata solusinya hanya menunggu.

Namun karena ingin lebih pasti akhirnya kami melakukan hal berikut ini.

  1. Menghubungi pihak LinkAja via DM Twitter. Kami pilih Twitter karena biaya lebih murah tidak perlu telepon.
  2. Dalam laporan ke CS kami sertakan bukti screen shoot (capture) riwayat transaksi LinkAja dengan status pending. Berikut adalah contohnya.
    LinkAja Transfer Pending Ke Mandiri
  3. Kemudian CS menanyakan nomor hp yang terdaftar. Setelah kami beritahu akhirnya diminta menunggu 1×24 jam. Meskipun kita kontak via Twitter tetapi pada aplikasi LinkAja akan ada notifikasi laporan dengan nomor tiket seperti terlihat pada gambar berikut.
    Laporan CS LinkAja
  4. Setelah 1×24 jam lewat dan status transaksi LinkAja masih pending, akhirnya kami kontak lagi CS LinkAja.
  5. Jawaban pihak LinkAja meminta kami untuk menunggu maksimal 3×24 jam untuk memporses laporan tersebut.
  6. Kurang dari 24 jam, setelah laporan kedua akhirnya saldo pending LinkAja kembali lagi.
    Transfer LinkAja Pending Saldo Kembali

Dari kejadian di atas dapat kita simpulkan, sebetulnya jika transaksi pending saat transfer LinkAja ke Mandiri, BRI, Bank BNI atau bank lain maka dalam waktu 3×24 jam saldo akan kembali.

Namun ada baiknya jika setelah 1×24 jam transaksi belum sukses, hubungi pihak LinkAja.

Saat laporan sertakan bukti tangkapan layar transaksi pending dan nomor akun LinkAja supaya mereka bisa langsung cek.

Meskipun hasilnya akan tetap diminta menunggu tetapi dengan laporan setidaknya kita tahu bahwa pihak LinkAja sudah mengetahui permasalahannya.

Sehingga ada perhatian khusus dan proses pengembalian saldo atau refund LinkAja transaksi gagal tersebut bisa lebih cepat.

Terbukti, kami tidak perlu menunggu sampai 3×24 jam atau 3 hari tetapi dalam waktu kurang dari 2×24 jam saldo sudah kembali.

Kesimpulan

Jika mengalami transfer LinkAja pending ke rekening bank, sebaiknya langsung buat screen shoot riwayat transaksi dan laporan ke CS LinkAja.

Tunggu 1×24 jam, jika belum masuk juga maka kamu laporan kembali dan tunggu proses pengembalian dana.

Ada beberapa hal yang menyebabkan transaksi LinkAja pending, salah satunya ketika transfer ke bank kita lakukan pada jam offline bank penerima dana.

Tentu saja selain itu mungkin ada kendala teknis lainnya. Namun berdasarkan pengalaman kami, dari sekian kali transfer saldo LinkAja ke rekening bank baru satu kali pending.

Kejadian ini terjadi saat transfer saldo pada jam offline bank yaitu jam 3 pagi. Karena sebelum-sebelumnya jika transfer pada jam kerja selalu berhasil.

Advertisement

Oleh karena itu ada baiknya jika mau kirim uang dari LinkAja ke bank jangan lakukan pada jam offline bank. Biasanya pada jam 11 malam sampai jam 5 pagi. Usahakan hanya transaksi pada jam online bank supaya tidak mengalami transfer dari LinkAja ke bank pending tapi saldonya terpotong.

Leave a Reply