Cara Cek Sisa Saldo E-Toll Dari HP Android

Bagaimana cara cek sisa saldo e-toll dari HP Android? Mudah saja yaitu hanya butuh aplikasi untuk cek saldo e-money yang saat ini ada banyak sekali pilihannya dan sebuah HP dengan NFC.

Advertisement

Dulu kalau kita dengar e-toll pasti yang terlintas hanya kartu e-money Mandiri karena memang dulu kita masih bisa bayar tol pakai uang tunai dan kartu e-toll yang ada baru Mandiri saja.

Namun sekarang berbeda, semua pintu tol mengharuskan pembayaran non tunai menggunakan kartu e-toll dan sekarang semua jenis kartu e-money bisa digunakan baik itu BRIZZI, Tapcash BNI, Flazz BCA dan tentu saja kartu e-toll Mandiri atau Indomaret Card.

Oleh karena itu artikel ini sengaja kami update agar bisa menampilkan informasi lebih aktual sehingga pembaca yang mencari info cara cek saldo e-toll bisa pilih kartu mana yang digunakan tidak hanya e-toll Mandiri saja.

Cara Cek Sisa Saldo E-Toll Dari HP Android

Seperti saya sebutkan di atas, saat setidaknya ada 4 kartu e-toll yang bisa digunakan untuk membayar di gerbang tol, parkir, comuter line, busway Trans Jakarta, belanja dan lain sebagainya yaitu E-Toll (E-Money) Mandiri, FLAZZ BCA, BRIZZI BRI dan Tapcash BNI dan cara untuk mengetahui saldo yang tersisanya adalah sebagai berikut.

Catatan : Sebelum melakukan langkah di bawah ini, aktifkan dulu NFC di HP Android kamu.

1. Cek Saldo Kartu E-Toll Mandiri di HP Menggunakan Aplikasi Mandiri Online

  1. Buka aplikasi Mandiri Online lalu login.
  2. Pilih menu e-Money.Cara Cek Saldo Kartu E-Toll Mandiri di HP Menggunakan Aplikasi Mandiri Online
  3. Kemudian pilih Lihat/Perbaharui Saldo.
  4. Tempelkan kartu e-toll Mandiri ke bagian belakang HP dan tunggu sampai muncul info saldonya.

Cara ini bisa juga digunakan untuk update saldo e-money Mandiri setelah kamu isi ulang di ATM, atau mandiri online web karena saldo tidak akan bertambah sebelum update saldo.

Sayangnya cara yang pertama ini hanya bisa dilakukan jika kamu sudah menjadi nasbah bank Mandiri dan sudah registrasi Mandiri Online.

2. Cara Cek Saldo E-Toll di HP Android Pakai LinkAja

  1. Buka aplikasi LinkAja, jika belum ada silahkan download dari Google Play Store lalu daftar menggunakan nomor HP yang aktif.
  2. Pilih menu Kartu Uang Elektronik.Cek Saldo E-Toll di HP Android Pakai LinkAja
  3. Selanjutnya pilih Cek Saldo pilih Cek Saldo lalu pilih Mandiri E-Moneylalu pilih Mandiri E-Money.Mandiri E-Money
  4. Terakhir tempelkan kartu ke bagian belakang HP atau sesuaikan dengan lokasi sensor NFC di HP kamu.

Menariknya aplikasi LinkAja tidak hanya bisa dipakai untuk cek saldo 3 kartu e-toll (Mandiri, BRI, BNI) tetapi saat ini bisa digunakan untuk top up e-money Mandiri dan cara registrasinya sangat mudah yaitu cukup menggunakan nomor HP aktif dari semua operator tidak harus Telkomsel.

3. Cek Saldo Kartu E-Toll Mandiri Di Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia dari HP yang sudah memiliki fitur NFC.
  2. Pilih menu Top up & TagihanUang Elektronik.Cara Cek Sisa Saldo E-Toll di HP Android via Tokopedia
  3. Kemudian tap tombol Update Saldo.tap tombol Update Saldo
  4. Tempelkan kartu e-toll mandiri ke HP dan tunggu sampai muncul sisa saldonya.Cek Saldo E-Money Mandiri di HP Android Lewat Tokopedia

Selain bisa untuk update dan cek saldo e-money Mandiri, di Tokopedia juga saat ini bisa digunakan untuk cek saldo BRIZZI.

4. Cek Sisa Saldo Kartu E-Money Mandiri Di BukaLapak

Ternyata Bukalapak mengikuti jejak Tokopedia yang menyediakan jasa isi ulang saldo e-money Mandiri secara online dan tentu saja tidak hanya bisa digunakan untuk top up saldo tetapi fitur e-money di BukaLapak bisa juga digunakan untuk mengetahui saldo kartu e-toll mandiri dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Bukalapak di HP kamu.
  2. Dari halaman utama pilih menu Top up & Isi Pulsa.Cek Sisa Saldo Kartu E-Money Mandiri Di BukaLapak
  3. Kemudian pilih Uang Elektronik.
  4. Terakhir tempelkan kartu tol di belakang HP dan jangan dilepas sampai terbaca saldonya.Terakhir tempelkan kartu tol di belakang HP

5. Cek Saldo Kartu E-Toll BRIZZI Di HP Android Dengan BriMo

Untuk yang menggunakan kartu e-toll BRIZZI dan ingin mengetahui berapa sisa saldonya maka bisa menggunakan aplikasi BriMo yang bisa didownload dari Google Play Store (tidak perlu registrasi), dan cara untuk cek saldo BRIZZI di HP Android dengan NFC caranya adalah sebagai berikut.

  1. Jalankan aplikasi BRImo kemudian pilih menu BRIZZI.Cara Cek Sisa Saldo E-Toll Dari HP Android
  2. Tempelkan kartu tol BRIZZI ke bagian belakang HP dan tunggu sampai muncul info saldonya.Cek Saldo Kartu E-Toll BRIZZI Di HP Android Dengan BriMo

6. Cek Saldo BRIZZI Menggunakan Aplikasi BRI Mobile

Cara lain untuk mengecek sisa saldo kartu tol BRIZZI di HP Android adalah menggunakan aplikasi BRI Mobile, untuk menjalankannya kamu tidak perlu registrasi atau harus menjadi nasabah bank BRI terlebih dahulu tetapi cukup download dari Google Play Store lalu jalankan, dan untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi BRI Mobile lalu pilih menu BRIZZI.
  2. Pilih Info Saldo.Cek Saldo BRIZZI Menggunakan Aplikasi BRI Mobile
  3. Kemudian tempelkan kartu e-toll BRI BRIZZI ke bagian belakang HP dan tunggu sampai terbaca oleh aplikasi.

7. Cara Cek Saldo Flazz BCA di HP Android Dengan BCA Mobile

Untuk kartu e-toll FLAZZ BCA sampai saat ini baru bisa dicek melalui aplikasi BCA Mobile, namun tidak perlu khawatir karena kamu bisa jalankan aplikasi m-BCA ini tanpa harus memiliki rekening BCA, jadi cukup download aplikasinya dari Google Play Store lalu jalankan dan ikuti langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Pilih menu FLAZZ kemudian tempelkan kartu dan tunggu sampai muncul jumlah saldo serta riwayat transaksi / riwayat penggunaanya.

Sebetulnya masih ada banyak aplikasi lain yang bisa dipakai untuk cek saldo dan top up e-toll yang tidak disebutkan di atas seperti BliBli, Traveloka (BRIZZI), iSaku (e-money Mandiri) jadi kamu bisa coba aplikasi-aplikasi lain selain yang disebutkan di atas.

Kesimpulan:

Aplikasi yang bisa dipakai untuk cek saldo e-toll lebih dari 1 jenis kartu secara online dari HP Android adalah :

  1. LinkAja karena bisa digunakan untuk top up dan juga melihat saldo BRIZZI, E-Toll Mandiri serta Tapcash.

Sedangkan Tokopedia saat tulisan ini dibuat baru bisa digunakan untuk E-Money Mandiri dan BRIZZI saja.

Namun untuk Flazz BCA sampai saat ini baru bisa dicek melalui aplikasi BCA Mobile, karena belum ada aplikasi lain yang bisa dan untuk isi saldonya baru bisa di ATM BCA atau via mesin dispenser Flazz BCA yang biasanya ada di kantor cabang besar atau di mall.

HP saya support NFC tapi tidak bisa membaca kartu e-toll atau Indomaret card?

Pastikan kamu sudah aktifkan fitur NFC, selain itu cek juga apakah koneksi internet stabil atau tidak karena jika tidak stabil atau sedang bermasalah biasanya kartu e-toll tidak akan terdeteksi.

Itulah 7 cara cek sisa saldo e-toll dari HP Android yang sudah support koneksi NFC, namun jika kamu tidak memiliki HP dengan NFC maka cara lain untuk mengetahui saldo yang tersisa adalah cek melalui atm atau minta bantuan kasir Indomaret.

Advertisement