Kenali Struk ATM Mandiri Asli (Bukti Transfer)

Cara tahu struk atm mandiri asli atau palsu yang biasa keluar setelah kita transfer atau tarik tunai di mesin atm bank mandiri sebetulnya sangat mudah yaitu lihat bagian paling bawah kertas struk tersebut tidak akan ada tulisan macam-macam melainkan hanya tulisan “Harap simpan resi ini sebagai bukti transfer” atau tulisan lain berupa info resmi dari bank.

Advertisement

Selain dengan melihat tulisan paling bawah struk bukti transfer mandiri, untuk membedakan asli atau palsu adalah dengan melihat bagian nomor rekening pengirim. Jika asli maka tidak akan tertulis dengan lengkap melainkan 5 angka terakhir no rekening bank mandiri pengirim dana akan disensor / diganti dengan huruf “X”.

Jadi dua cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk membedakan apakah struk bukti transfer yang dikirim orang itu asli atau palsu adalah dengan lihat bagian no rekening pengirim tidak tertulis lengkap karena 5 angka dibelakang diganti huruf X dan bagian paling bawah kertas tidak ada tulisan lain kecuali keterangan harap simpan resi ini sebagai bukti transfer.

Dengan demikian saat ada orang yang transfer uang tapi tidak masuk ke rekening dan bukan saat jam offline bank lalu mengirim gambar struk yang agak mencurigakan, berikut adalah cara mudah untuk mengecek keaslian struk atm mandiri asli atau palsu yang bisa kamu lakukan.

Cara Mengetahui Struk ATM Mandiri Asli atau Palsu Dengan Mudah

Pada dasarnya ada dua jenis struk transfer atm mandiri yaitu transfer sesama rekening mandiri dan transfer antar bank dan memang agak berbeda bentuknya.

#1 – Bukti Tranfser ATM Mandiri ke Sesama Mandiri

Cara Mengetahui Struk ATM Mandiri Asli atau Palsu Dengan Mudah

Keterangan Nomor:

  1. Merupakan nominal uang yang transfer, dan posisinya ada pada bagian atas.
  2. Merupakan no rekening pengirim dana, seperti terlihat pada gambar no rek tidak ditulis dengan lengkap namun 5 angka terakhir diganti huruf X. Biasanya kalau struk palsu atau hasil editan no rekening pengirim uang akan ditulis dengan lengkap untuk meyakinkan korban bahwa dia sudah kirim uang dari no rekening tersebut padahal aslinya tidak demikian.
  3. Adalah nama pemilik rekening tujuan, akan tertulis dengan lengkap.
  4. Adalah no rek penerima dan ini tertulis dengan lengkap.
  5. Adalah bagian info dari bank mandiri, biasanya tertulis Harap simpan resi ini sebagai bukti transfer tetapi karena sedang ada info baru maka seperti terlihat pada gambar diatas, tulisannya diganti menjadi info akan hadirnya tampilan baru pada mandiri online.

Baca juga : cara cek mutasi rekening mandiri di atm.

#2 – Struk ATM Mandiri Asli (Bukti Transfer Antar Bank)

Struk ATM Mandiri Asli (Bukti Transfer Antar Bank)

Keterangan Nomor:

  1. Nama bank asal pengirim dana yaitu Mandiri.
  2. Adalah nama pemilik rek pengirim uang, nama tertulis lengkap.
  3. No rek pengirim dana, sama seperti struk transfer sesama mandiri no rek tidak ditulis dengan lengkap karena 5 angka terakhir diganti huruf x.
  4. Nama bank tujuan transfer, dalam hal ini yang saya coba adalah BCA.
  5. Nama pemilik rekening bank tujuan transfer akan tertulis dengan lengkap.
  6. No Rek bank lain tujuan transfer, ini tertulis dengan lengkap nomor rekeningnya.
  7. Nominal transfer, berbeda dengan transfer sesama mandiri untuk transfer antar bank nominalnya tertulis dibawah.
  8. Keterangan/info berupa tulisan harap simpan resi ini sebagai bukti transfer.

Lalu bagaimana membedakan struk transfer atm asli dan palsu?

  1. No rekening pengirim kalau asli maka tidak akan tertulis dengan lengkap seperti terlihat pada kedua gambar diatas.
  2. Pada bagian bawah struk tidak akan ada tulisan yang berupa instruksi, misalnya keterangan untuk aktivasi dana, kode otp dan lainnya. Yang asli hanya akan menuliskan info untuk menyimpan struk atau info terbaru dari bank.
  3. Dana yang ditransfer tidak kunjung masuk ke rekening kita, jika ada yang mengirim bukti transfer tetapi dana tidak masuk maka sebaiknya kita waspada kemudian minta pengirim dana untuk memperlihatkan rincian mutasi rekening yang bisa dicetak dari mesin atm. Jika memang sudah melakukan transfer uang maka akan muncul pada mutasi rekening pengirim. Berikut adalah gambar struk mutasi tabungan mandiri yang dicetak di mesin atm. Cara Cetak Mutasi Rekening Di ATM Mandiri Info : jika pengiriman dana dilakukan pada jam offline, maka biasanya dana masuknya agak telat misalnya saya kirim dari mandiri ke BCA pada pukul 9 malam yang mana BCA sudah offline maka biasanya dana yang dikirim akan muncul (saldo bertambah) setelah jam offline berkahir yaitu sekitar jam 1 malam.

Tips:

  1. Jika akan menerima dana (transfer) melalui atm sebaiknya jangan lakukan malam hari (jam offline bank) untuk lebih mudah mengecek dana sudah masuk atau belum.
  2. Jangan berikan nama pemilik rekening dengan lengkap tapi berikan saja nama depan atau satu kata dari nama asli pemilik rekening, karena jika memang sudah transfer maka nama pemilik rekening akan tertulis dengan jelas pada struk tersebut.
  3. Jangan percaya kalau ada yang kirim uang tapi meminta kita ke atm untuk menerima dana, karena uang yang ditarnsfer ke rekening kita baik dari atm, internet banking, mobile banking maka saat itu juga uang akan masuk ke rekening tujuan kecuali jika bank sedang offline maka memang akan sedikit tertunda tapi nanti akan masuk setelah bank selesai melakukan maintenance (offline berakhir).

Kesimpulan:

Cara paling mudah mengenali struk atm mandiri asli yaitu lihat pada bagian nomor rekening pengirim yang tidak akan tertulis dengan lengkap kemudian bagian bawah struk tidak ada tulisan berupa instruksi / perintah misalnya cara mengaktifkan dana, kode otp dan lainnya.

Latest Comments
  1. Rusnadi Maret 29, 2018
    • Irwan Maret 30, 2018
  2. Hari Susanto April 8, 2018
    • Irwan April 8, 2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *