Aturan Agen BukaLapak Yang Harus Anda Tahu

Entah saya yang kurang teliti membaca atau memang sudah diperbaharui tetapi akhirnya saya tahu ternyata ada aturan agen bukalapak yang wajib kita tahu sebelum memutuskan untuk bergabung jadi agen.

Kenapa harus tahu aturan atau ketentuan agen bukalapak? tujuannya agar anda tidak bingung lagi sudah transaksi tidak dapat komisi atau bingung kapan komisi akan masuk ke saldo bukadompet.

Setelah membaca kembali halaman bantuan agen bukalapak ternyata disana ada beberapa aturan yang wajib kita tahu diantaranya minimal transaksi untuk e-voucher dalam seminggu agar dapat komisi dan adanya biaya administrasi tambahan untuk setiap transaksi pembelian barang non e-voucher (pulsa, paket data, token, tiket, voucher game).

Advertisement

Update : bukalapak telah memperbaharui dashboard laporan komisi agen sehingga kita bisa dengan mudah melihat apakah penjualan sudah mencapai target minimum sebagai syarat untuk mendapat komisi atau belum, untuk lebih detailnya silahkan baca disini.

Ringkasan Aturan Agen BukaLapak Yang Harus Anda Tahu

Jika disimpulkan berikut ini adalah aturan agen bukalapak yang harus anda tahu terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bergabung, atau ingin bergabung dan bisa mendapat banyak keuntungan diantaranya :

#1 – Penjualan E-Voucher Komisi 5%

Khusus untuk e-voucher ternyata ada beberapa ketentuan yang harus terpenuhi agar kita bisa mendapatkan komisi berdasarkan perhitungan total transaksi dalam seminggu yaitu:

  1. Pulsa dan Paket Data, minimal akumulasi transaksi harus 200.000.
  2. Total transaksi token listrik minimal akumulasi transaksi 250.000.
  3. Voucher game minimal akumulasi transaksi 100.000
  4. Tiket kereta miminal akumulasi transaksi 350.000

Contoh kasus :

  1. Transaksi pulsa dan paket data saya hanya sejumlah 75.000 dalam seminggu maka pada pemberian komisi yaitu hari jumat maka untuk semua transaksi pulsa dan paket data tersebut tidak akan mendapat komisi agen.
  2. Transaksi token dalam seminggu (jumat – kamis) mencapai 300.000 maka pada hari jumat anda akan dibayar dengan perhitungan 300.000 x 5%.
  3. Anda berhasil jual pulsa 50.000, paket data 80.000, token listrik 100.000 maka anda tidak akan mendapat komisi apapun karena tidak memenuhi ketentuan yang saya sebutkan diatas walapun jika dihitung total transaksi kita mencapai 230.000 rupiah.

Agar lebih jelas silahkan lihat screenshoot yang saya ambil dari halaman bantuan agen bukalapak berikut ini.

Ringkasan Aturan Agen BukaLapak Yang Harus Anda Tahu

#2 – Transaksi Non E-Voucher Komisi 3%

Berbeda dengan e-voucher, untuk transaksi barang (produk selain pulsa, token, paket data, tiket, voucher game) tidak ada ketentuan akumulasi minimal transaksi jadi setiap kali barang sudah diterima maka otomatis akan mendapat 3% dari harga jual barang (tidak termasuk biaya adm & ongkir).

Nah itulah beberapa ketentuan atau aturan agen bukalapak yang harus anda tahu agar setelah bergabung masih bisa mendapat keuntungan.

Apakah Jadi Agen Bukalapak Menguntungkan?

Jawabannya relatif, sebagai contoh jika anda bisa menjual pulsa atau paket data minimal 200.000 dalam seminggu tentu akan menguntungkan karena akan dapat tambahan komisi 5% selain menaikan harga jual ke pelanggan secara offline.

Begitu juga dengan transaksi produk non e-voucher yang akan dikenakan biaya administrasi, jika ingin tetap untung maka anda harus bisa menjual barang tersebut ditambah biaya adm dan ongkos kirim tentunya kalau hanya jual sama dengan harga yang ada di bukalapak tentu anda malah harus nombok untuk adm.

Kesimpulan

Sebelum daftar jadi agen sebaiknya baca dengan teliti aturan yang ada namun secara singkat saya sudah berikan gambarannya dan jika ingin dapat untuk dari agen bukalapak maka salah satu caranya adalah membeli di bukalapak kemudian jual secara offline dengan harga yang sudah di markup atau lebih tinggi dibanding harga asli di bukalapak karena anda harus menanggung biaya adm.

Related Post

39 pemikiran pada “Aturan Agen BukaLapak Yang Harus Anda Tahu”

    • mas jual lagi ke orang, begitu kan?
      belinya pakai akun mas sendiri (agen) terus di no tujuan (pulsa) atau id pelanggan (token) isi dengan yg punya pembeli tersebut

  1. Mau tanya mas, misal saya sebagai Agen Bukalapak hanya bisa menjual e-voucher saja dengan penjualan Rp 1000.000 perminggu tanpa menjual token pln, voucher game apakah masih bisa dapat bonus 5% itu?

    • maksudnya mau jual pulsa aja mas?
      yg dimaksud e-voucher adalah semua selain barang fisik jadi token pln juga termasuk
      tapi dia punya batasan minimal masing2
      misal pulsa/paket data minimal per minggu transaksinya 200ribu maka bisa dapet komisi & begitu selanjutnya

      jadi ga harus jualan semua, bisa salah satu aja entah pulsa, token, tiket begitu mas

  2. Mau tanya mas,kalau per minggu penjualan token listrik hanya 100rb
    Apakah masih bisa mendapatkan bonus di minggu berikutnya biar total token yg terjual 300rb.An

  3. Mas saya mau nanya
    Misalnya saya agen klw saya jual pulsa yg 5,10,20,50,&100 ribu itu biaya pengiriman SMS-nya berapa?
    Ada gak cara lain selain via SMS biar gak pulsa gak habis?

    • ga pakai biaya pengiriman sms mas
      kan tinggal beli di bukalapak dari aplikasi atau web terus nomor tujuan masukan no yang akan diisi pulsa dan pengiriman akan dilakukan dari server BL bukan sms dari kita

    • transaksinya udah selesai belum?
      coba tunggu beberapa waktu deh, kalau ga masuk juga bisa kontak support agen bukalapak
      alamat emailnya ada dibagian dashboard agen

  4. Mas kalo penjualan seperti tiket dan token apakah kita boleh menambahkan biaya selain biaya yang sudah tertulis dari sistem itu? Trims.

    • nambah biaya kepada pembeli mba maksudnya?
      kalau itu si ga masalah karena konsep agen sebetulnya ya begitu, kita nyari keuntungan dari pembeli yg transaksi lewat kita

  5. Mas saya mau tanya bisakah kita melakukan mark up harga tiket kereta api di Bukalapak? Kalo bisa bagaimana caranya? Mohon penjelasan. Trims.

    • kalau di bukalapaknya langsung ga bisa mba
      kalau kita markup langsung ke konsumen baru bisa & memang begitu si konsep agen, kita tambahkan biaya untuk transaksinya

  6. Trus mas kalo saya kasih struk invoice kereta api disitu kan ada tertera rincian harga berarti kan pembayarannya kan tak sesuai lg. Apakah tak masalah mas?

    • sebetulnya itu tergantung kesepakatan dengan pembeli mba, misalnya bisa bilang biaya adm
      seperti halnya kalau kita bayar tagihan listrik, beli token di Indomaret atau ATM kan ada administrasinya tuh
      nah begitu aja si menurut saya

  7. Mas ada yg mau saya tanyakan lagi yaitu mengapa utk wilayah Sumatera kalau mau pilih kursi kereta api itu kok gak bisa muncul gambar gerbong serta kursinya. Maksudnya waktu saya klik ganti kursi yg muncul hanya loading trus tp gak bisa tampil gambar setelah itu error. Mengapa bisa begitu ya. Kadang pelanggan yg dtg pun kecewa gak bisa pilih kursi. Mohon penjelasannya. Trims.

    • Wah kalau itu sepertinya masalah teknis mba dan yang bisa jawab tim agen bukalapak
      mba bisa hubungi via email atau telepon, ada dibagian bawah dashboard agen alamat emailnya

  8. Mas boleh tanya mengapa harga token dibukalapak kok lebih mahal dari harga pasaran terutama yg 500rb dan 1 jt? Harga pasaran 500rb baru kena 502.000 sedangkan bukalapak 515.000 dan 1 jt baru 1.006.000 bukalapak kena 1.030.000. Kalo dibandingkan harga dibukalapak sangat tinggi dari yg lain.

    • Betul memang lebih mahal, kalau alasannya saya kurang tahu tapi logikanya kalau jadi agen tetap untung asal bisa jual per minggu melewati batas minimal transaksi (300 ribu kalau ga salah untuk token)

      Tapi untuk nominal besar 500 ribu keatas kita bisa jual sesuai harga pasaran walau harus nombok dulu tapi itungannya tetap untung
      contoh : Token 500rb harganya 515.000, kita jual 502.000 maka akan nombok 13.000
      tapi karena transaksi diatas 300ribu (batas minimal komisi mingguan token) maka kita akan dapat komisi 5% X 500.000 = 25.000
      nah keuntungannya adalah 25.000 – 13.000 = 12.000 jadi masih ada untung

      Itu hanya contoh itungan2 saya aja mba 🙂 koreksi jika ada yang salah & yang pasti kita harus pantau terus aturan agen terutama nilai komisinya supaya ga rugi

  9. Mau tanya mas, saya kan ikut jadi agen bukalapak. Transaksi sudah diatas 200rb untuk Pulsa dan Paket data, dan untuk token listrik masih dibawah 300rb.
    Nah berarti yg akan dapet komisi cuman yg penjualan Pulsa dan Paket data saja?
    Dan mau tanya lagi, kok komisi nya belum nambah juga ke bukadompet?

    • komisinya hanya untuk pulsa dan paket data aja mas karena token kurang dari 300ribu
      masuknya hari jumat, biasanya siang atau paling lambat malem
      saya udah beberapa kali dapet & selalu masuk ko jadi coba tunggu aja asalkan statistik di agen sudah 100%

  10. Mas kalo saya menjual pulsa/paket data tetapi tidak sampai 200rb dlm seminggu, berarti kita ga dapet komisi. Apakah berarti itu artinya kita jd rugi?

    • kalau voucher hp, game, token atau produk non fisik ga ada biaya adm mas
      dan betul kalau mau untung kita harus jual diatas harga bukalapak tentunya karena menurut saya masih lebih murah dibanding harga konter hp ko walau selisihnya ga jauh

  11. Kan saldo buka dompet saya masih nol, saya bayar via alpa/indomart nah kan ada biaya adm 2500, kalo diitung utung saya masih rugi kalo misalkan ngasih harga pulsa standar 12000
    Berarti solusonya saya harus topup bukadompet saya?

    • kalau begitu si iya rugi mas, harus top up agak banyak dulu biar bisa beberapa kali transaksi
      kalau tiap transaksi top up dlu si pasti rugi walau dapet komisi juga

  12. Mas.. . Saya mau tanya.. Produk non e-voucher/fisik itu kan ada biaya administrasi dan biaya asuransi.. Apakah perhitungan biaya administrasi setiap produknya sama? ? Dan berapa persen dr harga barang patokan biaya administrasi itu? ?

  13. Kalau saldo kita kosong trus ada yang mau pesan barang berarti kita harus meminta pembayaran terlebih dahulu ke pembeli ya supaya bisa top up saldo dan bisa pesan barang?

Komentar ditutup.