Bukti Pembayaran Komisi Agen Bukalapak

Sebelum daftar agen bukalapak saya sempat ragu apakah benar akan mendapat komisi agen Bukalapak atau tidak sampai akhirnya saya coba membeli barang disana dan ternyata benar saja setelah barang diterima komisi 3% pun langsung masuk ke saldo bukadompet.

Seperti penjelasan di halaman agen bukalapak, memang untuk transaksi non e-vocher setiap agen akan mendapat komisi sebesar 3% yang dihitung dari harga barang tidak termasuk biaya adm maupun ongkir dan jika barang pesanan sudah diterima pembeli maka pembayaran komisi agen bukalapak akan langsung masuk ke bukadompet.

Dari percobaan yang saya lakukan waktu itu membeli barang seharga 99.000 rupiah dan komisi yang didapat adalah 3% X 99.000 = 2.970 rupiah. Nah bagi anda yang masih ragu dengan sistem agen bukalapak silahkan lihat bukti pembayaran berikut ini.

Advertisement

Bukti Pembayaran Komisi Agen Bukalapak

Jika anda belum gabung jadi agen, silahkan baca pandusnnya disini.

berikut ini adalah komisi pertama yang saya dapat setelah barang pesanan diterima, tidak besar memang hanya 2.970 rupiah.

Bukti Pembayaran Komisi Agen Bukalapak

Selang beberapa hari kemudian saya lakukan pembelian lagi dan kali ini yang dibeli adalah token pln 200.000 dengan harga 201.500.

Karena token termasuk e-voucher maka perhitungan komisinya adalah transaksi dari jumat – kamis, dengan jam cut off pada pukul 23:59.

Artinya semua transaksi tidak akan langsung mendapat komisi tetapi dibayarkan setiap hari jumat, tidak tahu jam berapa tetapi pengalaman saya kemarin masuk sekitar pukul 3 sore dan berikut adalah buktinya

Komisi Agen Bukalapak

Gambar diatas adalah penghasilan komisi agen bukalapak setelah membeli 2x token pln 200ribu, dari total transaksi (2x 201.500) X 5% hasilnya adalah 20.150 rupiah.

Cukup menguntungkan memang, satu kali transaksi token 200ribu mendapat cashback 10.075. Jadi kalau dihitung-hitung harga token 200ribu adalah 201.500 – 10.075 = 191.425.

Tetapi untuk pembelian barang hitungannya masih tetap rugi walau mendapat komisi agen, kenapa? karena barang seharga 99.000 rupiah harus ditambah biaya 4.500 dan hanya mendapat komisi 2.970 artinya masih rugi bukan karena ada biaya tambahan yang sebetulnya tidak muncul jika kita beli bukan sebagai agen.

Komisi Agen Bukalapak Untuk E-Voucher Tidak Masuk?

Jangan panik dulu tetapi tunggu sampai hari jumat dan cek kembali seharusnya akan masuk ke saldo bukadompet.

Namun dari pengalaman saya pribadi ternyata komisi pembelian pulsa sebanyak 2x tidak dihitung, entah memang tidak dapat komisi atau akan masuk ke periode berikutnya tetapi yang jelas transaksi dilakukan hari kamis sama dengan pembelian token yang komisinya sudah dibayarkan sedangkan pulsa tidak.

Kesimpulan sementara yang menguntungkan jadi agen bukalapak itu kalau kita jualan e-voucher terutama token pln secara offline karena komisinya cukup besar dan tidak ada biaya tambahan.

Jadi secara garis besar jika ingin untung caranya adalah beli token di bukalapak lalu jual kembali, sedangkan untuk barang-barang fisik sepertinya malah lebih besar biaya tambahannya dibanding komisi.

Itulah dua bukti pembayaran komisi agen bukalapak, saya pribadi masih mempelajari sistem ini apakah benar menguntungkan atau sebaliknya dan sudah tanya via email admin.agen@bukalapak.com untuk menanyakan besaran biaya tambahan dan kenapa komisi penjualan pulsa tidak dihitung tetapi belum mendapat jawaban.

Catatan : untuk perihal komisi pulsa yang tidak dihitung saya masih menunggu jawaban tim bukalapak karena jika baca di halaman agen, disana tidak disebutkan yang akan dibayar komisinya hanya token pln tetapi disebutkan e-voucher dan itu termasuk pulsa dan juga paket data.

Related Post

10 pemikiran pada “Bukti Pembayaran Komisi Agen Bukalapak”

  1. Dari Artikel ini saya menyimpulkan bahwa penulis belum memahami sistem kerja agen bukalapak sehingga penulis berspekulasi bahwa penjualan fisik merugikan . itu karena anda sebagai agen membeli untuk sendiri . beda dengan jika anda membelil untuk orang lain karena semua tagihan biaya admin dan ongkos kirim di tanggung orang lain yang pesan kepada agen . dari contoh di atas jika anda memilih barang seharga 99 000 maka komisi anda 2.970 kenapa dibilang rugi ? karena anda tidak meminta nominal total pembayaran kepada orang yang pesan barang ke anda. misalkan harga barang 99.000 + biaya admin 2.000 + biaya ongkir 9.000 = 110.000 . nah maka anda sebagai agen harus meminta uang kepada pembeli sebesar 110.000 bukan 99.000. karena sejatinya agen bukalapak itu untuk orang yang mengerti internet membantu orang yang tidak mengerti internet untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan. terimakasih sebelumnya.

    • Maaf kalau dinilai kurang memahami sistemnya tapi yang saya bandingkan adalah biaya administrasi & komisi
      jelas dari kasus diatas lebih besar biaya adm
      kalau ongkos kirim si ga usah dihitung ke untung rugi karena jelas saya bebankan ke pembeli offline
      begitu juga dengan biaya adm 4.500, jadi yang saya kasih harganya adalah harga barang + biaya adm + ongkir

      Itu cuma contoh 1 kasus, beda lagi kalau harga barangnya mahal & komisi lebih besar dari adm, karena saya juga ada ko yang dapet komisi sampe 50ribu πŸ™‚
      dan saldo bukadompet udah saya cairkan : http://carabimo.com/cara-mencairkan-saldo-bukadompet-ke-rekening-bank/

      Mohon koreksinya jika masih salah πŸ™‚

  2. Dulu sih hampir setiap hari berbelanja di bukalapak sampe sampe pas ada agen bukalapak saya juga ikutan..awalnya sih ga pake biaya administrasi .. Tiba tiba makin ke sini makin ada biaya administrasi . Udah pake ongkir, di potong verifikasi di potong biaya administrasi lagi . Sedangkan komisi yg di dapet lebih kecil drpd pd biaya administrasi . Setelah itu saya berfikir untuk mendownload aplikasi lain ternyata di aplikasi lain soal harga tdk jauh beda. Dan tdk ada pake biaya administrasi , potongan verifikasi juga. Di tambah free ongkir untuk perbelanjaan min 70rb 120rb. Di sini keuntungan lebih bisa di rasakan .jadi nyesel kenapa gak dari dulu download aplikasi yg ini.

    Mohon maaf bila ada salah salah kata, cuma ini pengalaman yg saya rasakan di berbelanja Online .

    • hehe, memang begitu mba saya ada biaya adm sekarang
      kalau dibukalapak ga mau kena biaya verifikasi setelah bayar coba pilih pembayaran pakai metode lain
      kalau saya si biasa pakai e-cash

  3. Mas minta tolong koreksi ke untunganya berapa. Contoh kasus saya jadi agen bukalapak yang saya geluti token PLN minimal pembelian 100 ribu tanpa adm 1500 kalau seminggu ada 4 transaksi berarti 400 rb x 5% jadi 20 rb – (4 adm x 1500) jadi keuntungan 14 ribu bener gak?

    • setahu saya si kalau e-voucher termasuk token ga ada adm nya mas jadi keuntungan 5%x jumlah transaksi dengan syarat 1 minggu tersebut bisa mencapai transaksi minimum baru dapet komisi

  4. Kok gak ada daftar harga reseller nya sch buat e-voucher..sy masih bingung potongan saldo buat setiap transaksi gak ada d lampirkan.mohon infonya.trims

    • memang itu kekurangannya mba Rina
      saya dulu pernah tanya sama cs bukalapak mengenai rincian transaksi agen tapi ga ada jawaban pasti πŸ™‚ malah dikasih link ke bagian tanya jawab
      memang bingung karena cuma bisa lihat di riwayat bukadompet

  5. hadehh.. ini mah sama aja.. saya kirain dapet keuntungan.. ternyata, keuntungan 5% itu ya biaya admin itu.. jadi, kalau beli sebagai agen kita di kenakan biaya admin.. setelah saya hitung ternyata oh ternyata, biaya adminnya 5% dari nilai transaksi.. sedangkan keuntungan(komisi) buat kita juga 5%.. Kesimpulannya : “PEMBODOHAN”..wkwk
    asemm.. saya juga terBODOHkan..wkwkw

    • Wah masnya baca cepet2 ni
      saya ga sebutkan admin 5% deh kayanya karena saya juga ga tahu berapa biaya adminnya

      Selain itu admin akan dikenakan cuma untuk barang fisik aja dan memang itungannya rugi kalau jadi agen πŸ™‚
      tapi kalau cuma jualan voucher masih bisa untung, karena sampai saat ini belum ada biaya adminnya dan komisi 5%

Komentar ditutup.