Kekurangan E-Cash Mandiri Untuk Pembayaran Online

Salah satu kekurangan e-cash mandiri saat digunakan untuk pembayaran transaksi online atau transaksi lain yang harus menggunakan otp seperti tarik tunai, transfer ke rekening mandiri adalah tidak bisa dipakai untuk beberapa transaksi dalam waktu berdekatan.

Maksudnya setelah sukses membayar atau transaksi pakai e-cash mandiri yang menggunakan otp kita harus menunggu beberapa menit sebelum bisa melakukan transaksi lainnya.

Advertisement

Hal ini terjadi karena masa berlaku OTP adalah 15 menit, walau transaksi pembayaran sudah berhasil atau tuntas tetap saja kita tidak bisa request otp lagi dalam waktu kurang dari 15 menit. Jika tetap dilakukan biasanya yang terjadi adalah otp lama masuk.

Kekurangan E-Cash Mandiri Untuk Pembayaran Online Dengan OTP

Agar lebih mudah dipahami saya ambil contoh saat menggunakan mandiri e-cash untuk bayar bukalapak. Ceritanya saya ingin membeli pulsa simpati untuk 2 buah nomor yang berbeda.

Pada transaksi pertama prosesnya berjalan lancar, kode otp langsung masuk ke nomor e-cash saya nah selang 14 menit kemudian saya coba transaksi kedua untuk beli pulsa ke nomor lain dan ternyata kode otp tidak lambat masuknya tepatnya sekitar 10 menitan baru ada sms.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat sms dibawah ini yang isinya adalah kode otp, perhatikan jam sms masuk.

Keterangan :

  1. SMS pertama masuk pada pukul 18:18 yang merupakan transaksi pembayaran ke bukalapak dan sudah berhasil (selesai).
  2. SMS kedua masuk pada pukul 18:43 atau sekitar 14 menit dari waktu transaksi pukul 18:29 dan ternyata saat akan coba memasukan kode tersebut saya sudah melewati batas masa berlaku otp 15 menit dan hasilnya transaksi pembayaran pun gagal dengan pesan (status transaksi : EXPIRED) seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Jadi Apa Kekurangannya?

Seperti saya jelaskan diatas, kekurangan e-cash mandiri saat dipakai untuk pembayaran yang harus menggunakan OTP adalah tidak bisa digunakan dalam waktu berdekatan atau harus menunggu kode OTP sebelumnya expired yaitu 15 menit baru anda bisa transaksi & request otp lagi.

Kesimpulan, untuk menghindari transaksi expired gara-gara kode otp lama masuk sebaiknya setelah anda request otp pertama dan transaksi sudah selesai atau bahkan otp tidak masuk maka sebaiknya tunggu minimal 15 menit sebelum mencoba atau melakukan transaksi lain yang harus pakai otp.

Advertisement

Kenapa harus mengunggu 15 menit? tujuannya agar transaksi anda lancar dan tidak perlu menerima kode otp berkali-kali dan saat dimasukan malah kodenya salah lalu akhirnya expired seperti yang saya alami, selain itu tentu akan menguras pulsa karena setiap menerima kode otp akan dikenakan biaya 550 rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *