Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membeli Aplikasi di Google Play Store Dengan Kartu Debit

Selain membeli pakai pulsa, kartu kredit, voucher Google Play Store ternyata kita juga bisa membeli aplikasi di Google Play Store dengan kartu debit bank lokal salah satu contohnya yang sudah saya coba dan berhasil adalah kartu atm bank BTN.

Advertisement

Tentu saja hal ini bisa membantu pengguna yang tidak memiliki kartu kredit atau malas membeli voucher game Google Play Store karena seperti kita tahu saat membeli sudah ditentukan nominalnya dan kalau ada sisa maka kemungkinan besar saldo Google Play Store tersebut akan sia-sia karena tidak terpakai.

Sedangkan jika membeli pakai pulsa kadang kendalanya adalah gagal saat menambahkan billing carrier dan ketika ganti nomor hp maka otomatis kita harus daftarkan lagi nomor baru tersebut supaya bisa dipakai untuk pembayaran saat membeli atau upgrade aplikasi.

Penting : Tidak semua kartu atm atau kartu debit bank lokal (Indonesia) bisa digunakan untuk membeli aplikasi di Play Store meskipun bisa digunakan untuk transaksi online misalnya kartu debit mandiri walau sudah diaktifkan layanan mandiri debit online tetapi sampai saat ini belum bisa dipakai untuk membayar di Google Play Store karena setahu saya mandiri hanya support pembayaran menggunakan 3D secure atau menggunakan kode OTP.

Sedangkan saat kita membeli game atau aplikasi pakai kartu debit di Google Play Store tidak melalui 3D Secure verified by visa / mastercard oleh karena itu kartu atm mandiri tidak bisa digunakan.

Jadi pada percobaan kali ini yang akan saya gunakan adalah kartu debit BTN dimana sebelumnya saya sudah aktifkan debit online BTN di ATM terlebih dahulu sehingga bisa digunakan untuk belanja online termasuk membeli aplikasi, buku, sewa film di Google Play Store, dan bagi kamu yang ingin tahu bagaimana caranya silahkan simak panduan berikut ini.

Cara Membeli Aplikasi di Google Play Store Dengan Kartu Debit BTN

Sebelum bisa membeli aplikasi atau game pakai kartu atm atau debit maka kita harus tambahkan atau daftarkan dulu kartu tersebut ke metode pembayaran dan langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Google Play Store lalu pilih menu Akun.
  2. Kemudian tap Tambahkan kartu kredit atau debit. Cara Membeli Aplikasi di Google Play Store Dengan Kartu Debit
  3. Masukan nomor kartu debit atau nomor kartu atm yang berjumlah 16 angka yang terletak dibagian depan kartu, kemudian masukan juga bulan dan tahun kadaluwarsa kartu atm serta kode CVV yaitu 3 angka paling kanan yang terletak dibagian belakang kartu. Jika sudah tap tombol Simpan. Cara Membeli Aplikasi di Google Play Store Dengan Kartu Debit BTN
  4. Jika kartu atm bisa digunakan maka akan muncul 4 digit terakhir nomor kartu dan untuk melanjutkan pilih Simpan.Tambahkan kartu kredit atau debit

Setelah metode pembayaran berhasil ditambahkan maka untuk membeli aplikasi, buku, game, film dan lainnya di Google Play Store menggunakan kartu debit BTN caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih game atau aplikasi yang ingin dibeli.
  2. Kemudian pada metode pembayaran pastikan yang terpilih adalah kartu debit, hal ini bisa diketahui dengan munculnya tulisan Mastercard atau VISA kemudian diikuti 4 digit terkahir kartu.
  3. Selanjutnya pilih Beli.Google Play Store menggunakan kartu debit BTN
  4. Jika diminta memasukan password Google Play Store silahkan masukan lalu tap Konfirmasi. memasukan password Google Play Store
  5. Jika sukses maka akan muncul pop up pemberitahuan Pembayaran Berhasil.

Seperti terlihat pada langkah diatas, pembelian aplikasi pakai kartu debit BTN atau bank lain yang sudah support untuk transaksi online seperti BNI, Permata, BNI Syariah, BTN Syariah dan lainnya sangatlah mudah yaitu tambahkan dulu kartu debit ke metode pembayaran setelah itu tinggal pilih game, aplikasi maupun item lainnya yang ingin dibeli dan nantinya akan langsung memotong saldo tabungan.

Agar tidak ada kendala sebaiknya sebelum membeli pastikan saldo tabungan mencukupi karena akan langsung memotong saldo sesuai dengan jumlah pembelian yang kita lakukan.

Apakah Semua Kartu Debit Bisa Dipakai Pembayaran di Google Play Store?

Tidak semua kartu debit bisa dipakai untuk membayar di Google Play Store contohnya Mandiri meskipun bisa dipakai untuk belanja online tapi tidak bisa dipakai untuk beli aplikasi di Google Play Store karena transaksinya harus menggunakan 3D secured.

Beberapa kartu debit bank lokal yang kemungkinan besar bisa digunakan untuk membeli aplikasi Android di Google Play Store diantaranya Visa BTN, Visa BTN Syariah, Visa Permata & Permata Syariah, Visa BNI & BNI Syariah (menggunakan VCN), VISA Jenius BTPN, DigiBank DBS namun sampai saat ini yang baru saya coba adalah debit BTN jadi untuk yang lain belum bisa memastikan 100% apakah benar bisa dipakai atau tidak.

Selain BTN yang pernah saya coba adalah kartu Debit Mandiri dan Kartu ATM BCA dan keduanya sama-sama tidak bisa dipakai untuk membeli aplikasi di Google Play Store.

Saldo Rekening Terpotong Walau Belum Membeli Aplikasi di Google Play Store?

Saat kita mendaftarkan kartu kredit atau kartu debit di Google Play Store maka biasanya akan ada proses otorisasi dengan mendebet saldo tabungan atau kartu kredit namun nanti dikembalikan lagi.

Untuk berapa nominalnya saya kurang tahu pasti namun yang jelas saat menambahkan kartu debit BTN di pada metode pembayaran di Google Play Store setelah berhasil langsung terpotong 10.000 namun beberapa jam kemudian masuk lagi 10.000 dan inilah yang dinamakan otorisasi, jadi kalau kamu baru menambahkan kartu debit / kartu ATM ke akun Google Play Store lalu melihat saldo tabungan berkurang maka jangan panik dulu karena nanti akan dikembalikan lagi.

Kesimpulan, membeli aplikasi di Google Play Store pakai kartu debit itu sangat mudah atau hampir sama seperti kita membeli pakai kartu kredit namun kekurangannya tidak semua kartu atm bank lokal bisa digunakan oleh karena itu untuk memastikan kartu debit kamu bisa dipakai atau tidak maka bisa tanyakan ke pihak bank langsung, tanyakan saja apakah bisa dipakai transaksi online (debit online) tanpa 3D secure atau OTP di Google Play Store.

Latest Comments
  1. sella November 11, 2018
    • Heri Putra J November 11, 2018

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *