Mandiri Tarik Tunai di ATM, Uang Tidak Keluar Tapi Saldo Berkurang

Ceritanya beberapa jam lalu saya tarik tunai rekening Mandiri di ATM Mandiri tetapi entah kenapa uang tidak keluar, akhirnya saya coba lagi mengambil uang di ATM BNI sebesar 300.000 rupiah, tetapi lagi-lagi uang tidak keluar dari mesin atm.

Advertisement

Karena masih penasaran lalu saya coba cek saldo tabungan mandiri di ATM dan ternyata saldo berkurang 300ribu ditambah 7.500 untuk biaya adm tarik tunai di ATM bersama (BNI). Entah apa penyebabnya apa karena uang di mesin atm kosong atau sedang ada gangguan jaringan tetapi setelah tarik tunai saldo berkurang namun uang tidak keluar.

Melihat saldo berkurang tetapi uang tidak keluar dari mesin atm apalagi saya mengambilnya bukan di ATM mandiri tentu agak panik karena bingung juga nanti komplain harus ke dua bank yaitu mandiri sebagai penerbit tabungan dan bank BNI sebagai pemilik mesin ATM.

Untuk memastikan ada transaksi tarik tunai di ATM walau uang tidak keluar akhirnya saya cetak mutasi rekening melalui atm mandiri dan memang tertulis disana ada penarikan 300 ribu rupiah, setelah selesai mengambil struk mutasi akhirnya saya pulang ke rumah dengan tujuan ingin menanyakan bagaimana mengatasi masalah ini kepada cs bank Mandiri via Twitter.

Apa Yang Harus Anda Lakukan Ketika Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM?

  1. Jangan panik, cek kembali saldo apakah berkurang atau tidak karena dalam beberapa kasus saya pernah menemukan mesin atm yang tidak ada isinya jadi tidak mengeluarkan uang.
  2. Pastikan bukan karena jaringan mandiri sedang bermasalah, biasanya kalau sedang ada gangguan di mesin atm akan muncul pesan transaksi tidak dapat diproses dan kalau sudah begini biasanya memang jaringannya sedang gangguan.
  3. Jika saldo tidak berkurang coba lagi di mesin atm lain jangan terus-terusan mencoba di mesin yang sama.
  4. Jika saldo terlanjur berkurang, tunggu dulu beberapa menit misal 15 menitan dan cek kembali apakah saldo sudah balik atau belum, jika tidak kembali maka segera hubungi cs mandiri dan ingat kapan kejadiannya dan dimana.

Bukti Penarikan Uang di ATM Saldo Berkurang Tetapi Uang Tidak Keluar

Berikut ini adalah struk mutasi rekening mandiri yang saya cetak melalui mesin atm, terlihat pada gambar dibawah ini (diberi tanda kotak merah) ada penarikan uang sebesar 300.000 rupiah.

Bukti Penarikan Uang di ATM Saldo Berkurang Tetapi Uang Tidak Keluar

Berbekal struk diatas niatnya saya ingin menanyakan pada pihak Mandiri tetapi sebelum bertanya saya cek lagi saldo rekening mandiri dan kali ini lewat internet banking atau mandiri internet karena posisi sudah dirumah.

Setelah cek saldo, agak kaget campur senang karena ternyata saldo sudah kembali lagi walau saya belum sempat menghubungi cs mandiri maupun BNI, berikut buktinya.

Mandiri Tarik Tunai di ATM, Uang Tidak Keluar Tapi Saldo Berkurang

Lihat yang diberi tanda kotak merah, nomor 1 adalah posisi saat saldo berkurang (debet) kemudian nomor 2 adalah saat saldo kembali lagi setelah tarik tunai di ATM BNI tidak keluar uangnya.

Bukan hanya saldo yang kembali, ternyata biaya adm 7.500 rupiah pun kembali lagi ke saldo rekening mandiri. Pada kotak no 2 terlihat ada keterangan reversal (error conenction) yang artinya apa saya tidak tahu tetapi kalau tidak salah itu adalah keterangan ada transaksi gagal atau dibatalkan.

Baca juga : cara beli pulsa HP di ATM Mandiri.

Kesimpulan, saat tarik tunai atm mandiri dan uang tidak keluar tetapi saldo berkurang jangan panik dulu.

Tunggu beberapa menit lalu cek kembali saldo anda. Karena kalau tidak salah ini bukan kejadian pertama. Dulu pernah mengalami hal serupa tetapi di atm mandiri dan saldonya langsung balik tetapi kali ini kejadiannya tabungan mandiri dan tarik tunai di ATM BNI, ternyata setelah nunggu 30 menitan dan cek lagi saldonya sudah kembali.

Tetapi jika uang tidak kembali sampai 1 jam sebaiknya segera hubungi pihak terkait untuk meminta bantuan agar segera diproses.

Itulah sekilas pengalaman mengambil uang di atm, saldo berkurang tetapi uangnya tidak keluar. Mungkin ini hanya pengalaman sepele tetapi buat saya ini merupakan pengalaman berharga dan mulai hari ini akan lebih menghindari menarik uang di atm yang berbeda dengan bank penerbit agar jika ada kejadian serupa bisa lebih mudah mengurusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *