Bagaimana Cara Menggunakan dan Isi Saldo LINE Pay e-cash?

Mau tahu bagaimana cara menggunakan dan isi saldo line pay e-cash? jika ya maka silahka simak tulisan singkat ini sampai tuntas karena carabimo.com akan berbagi sedikit pengalaman mengisi dana ke akun line pay e-cash dan juga menggunakannya untuk membeli token pln dari aplikasi line.

Jika belum tahu apa itu line pay e-cash, singkatnya ini merupakan kerjasam antara pihak LINE dan bank mandiri sehingga kita bisa mempunyai uang elektronik (non tunai) di HP yang menggunakan nomor hp sebagai nomor rekening.

Advertisement

Setelah kita memiliki dana atau saldo di line pay e-cash maka bisa kita pakai untuk membayar transaksi online seperti di tokopedia, elevenia dan lainnya yang menerima pembayaran mandiri e-cash.

Baca : Belanja di Tokopedia Bayar Pakai E-cash Mandiri.

Selain untuk membayar, saldo yang ada bisa kita gunakan untuk transfer ke sesama line pay, ke rekening mandiri maupun untuk beli pulsa dan token listrik langsung dari aplikasi LINE. Baiklah jika anda masih bingung tentang cara menggunakan line pay maupun cara isi saldo line pay e-cash silahkan lihat langkah-langkah dibawah ini.

Bagaimana Cara Menggunakan LINE Pay e-cash?

Sebelum bisa menggunakan layanan line pay e-cash pertama-tama kamu harus aktifkan atau daftar line pay terlebih dahulu.

Saat daftar sebaiknya gunakan nomor hp aktif dan memiliki pulsa karena proses pendaftaran memerlukan kode otp yang dikirim ke no hp kita dan akan dikenakan biaya untuk pulsa 550 rupiah. Setelah proses pendaftaran maka kamu sudah bisa mulai pakai fitur line pay tersebut dan berikut gambarannya.

Akses line pay melalui tab terakhir yang ada dikanan (titik 3) kemudian pilih menu Line Pay, kemudian masukan PIN 6 angka jika diminta.

Bagaimana Cara Menggunakan LINE Pay e-cash?

Setelah terbuka nanti kita akan melihat tampilan berupa saldo tersisa dan menu lainnya yang bisa digunakan, lihat gambar dibawah ini.

LINE Pay e-cash

Jika sudah terlihat tampilan seperti gambar diatas maka kita sudah mulai bisa menggunakan line pay untuk berbagai keperluan. Misalnya:

1 – Kirim Saldo ke nomor rekening line pay atau rekening mandiri.

Caranya pilih menu Kirim kemudian pilih Nomor telepon jika ingin mengirim uang ke akun line pay e-cash teman atau pilih Nomor rekening mandiri jika anda ingin transfer dana ke tabungan mandiri.

Setelah itu masukan no telepon (rekening e-cash tujuan) lalu masukan nominalnya, atau jika ingin kirim ke rek mandiri maka masukan no rekening mandiri tujuan transfer lalu pilih nominal.

Kirim Saldo ke nomor rekening line pay atau rekening mandiri

Minimal dana yang bisa dikirim lewat line pay e-cash saat ini adalah 10.000. Jika nominal sudah dipilih terakhir masukan PIN dan tunggu sampai transaksi selesai.

Begitu transfer selesai maka uang akan langsung terkirim ke penerima tanpa ada biaya (potongan).

2 – Cara Isi Pulsa Lewat LINE Pay

Proses pembelian pulsa isi ulang lewat line tidak jauh berbeda dengan cara membeli token listrik dengan line pay dan berikut langkahnya.

Pilih menu Beli Pulsa lalu masukan nomor hp yang akan disii ulang, pilih nominal pulsa (minimal 25.000) Kemudian pilih Berikutnya dan masukan PIN untuk melanjutkan pembayaran.

3 – Cara Isi Saldo LINE Pay e-cash

Untuk menambah saldo pada rekening line pay bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya : terima transfer dari pengguna lain, isi melalui mandiri sms banking, atm mandiri maupun bank lain, serta internet banking mandiri.

Jika anda ingin isi saldo LINE Pay e-cash atau top up caranya pilih menu Setor Tunai lalu pilih salah satu metode yang diinginkan misalnya jika anda memiliki rekening mandiri maka bisa pilih Bank Mandiri kemudian lakukan pengisian dari atm, sms banking atau internet banking.

Cara Isi Saldo LINE Pay e-cash

Tidak perlu bingung karena di menu tersebut ada petunjuk pengisiannya jadi anda tinggal mengkuti saja, tetapi selama ini saya mengisi lewat sms banking mandiri.

Selain mandiri, isi saldo bisa dari atm BNI, BRI, BCA, CIMB Niaga, Danamon dan Permata dengan cara yang sama seperti akan transfer ke rekening mandiri yaitu menggunakan kode mandiri 008 + 80+no hp misalnya no HP 08121212122 jadi pada rekening tujuan transfer isi dengan 0088008121212122

Ketika proses top up selesai maka kita akan mendapat sms pemberitahuan ada dana masuk melalui sms dari bank mandiri.

Jika saldo pada aplikasi LINE pay e-cash belum berubah caranya tap tombol refresh/perbaharui yang ada dibawah angka Saldo Saya.

Sedangkan untuk mengetahui daftar transaksi, caranya pilih menu History Transaksi dan nanti akan terlihat rinciannya seperti gambar berikut ini.

History Transaksi

Untuk bisa isi saldo line pay e-cash kita tidak perlu upgrade layanan terlebih dahulu tetapi kekurangannya jika belum upgrade kita tidak bisa tarik tunai di atm maupun kirim saldo ke line pay e-cash lain.

Berikut adalah video demo cara mengisi saldo line pay e-cash lewat atm mandiri.

4 – Cara Bayar Toko Online Pakai LINE Pay e-cash

Jika kita ingin belanja online kemudian bayar pakai line pay e-cash caranya cukup mudah, tetapi sebelum transaksi pastikan no hp anda memiliki pulsa karena akan ada kode OTP yang dikirim dan dikenakan biaya sms. Jika tidak ada pulsa maka kode OTP tidak akan diterima.

Beberapa toko online yang sudah menerima pembayaran pakai e-cash dan pernah saya coba sendiri diantaranya Tokopedia dan elevenia.

Prosesnya sangat mudah, yaitu saat akan membayar tinggal pilih mandiri e-cash kemudian nanti login menggunakan no hp dan pin line pay kita.

Selanjutnya kita akan diminta memasukan kode otp yang dikirim dan jika saldo mencukupi serta kode otp benar maka proses transaksi selesai dan saldo akan berkurang sesuai dengan jumlah belanja yang kita lakukan. Untuk lebih detail silahkan baca bayar tokopedia pakai e-cash.

Selain tokopedia dan elevenia masih banyak toko lain yang sudah bekerjasama dengan mandiri e-cash dan untuk lebih lengkap siahkan lihat daftarnya di situs resmi mandiri e-cash.

5 – Bagaimana Cara Ambil Saldo atau Tarik Tunai di ATM?

Jika anda ingin mencairkan dana yang tersimpan pada rekening line pay e-cash melalui atm mandiri caranya cukup mudah namun sebelum lanjut perlu diketahui, minimal uang yang bisa ditarik sekali transaksi adalah 100ribu maksimal 1juta.

Penting : sebelum bisa tarik tunai di agen maupun atm terlebih dahulu anda harus upgrade layanan, jika memiliki rek mandiri maka bisa dilakukan dari atm, sms banking maupun mandiri internet tapi jika bukan nasabah mandiri maka anda harus datang ke kantor cabang dengan membawa identitas.

Langkah pertama buka aplikasi line lalu pilih line pay – tarik e-cash. Kemudian pilih nominal yang diinginkan lalu masukan PIN dan tunggu sampai mendapat kiriman kode OTP.

Info: kode OTP hanya berlaku selama 15 menit jadi pastikan setelah menerima kode otp, anda segera pergi ke mesin atm mandiri terdekat.

Pergi ke mesin atm yang sudah memiliki logo e-money berwarna kuning, lalu pilih tombol hijau dengan tulisan Accept. Letaknya ada dipaling bawah dekat tombol angka-angka pada mesin ATM.

Setelah itu pilih menu Mandiri E-cashCash WithdrawlMasukan no HP (rek e-cash) – Correct.

Cara Tarik Tunai e-cash Di ATM Mandiri

Berikutnya masukan kode OTP yang diterima lewat SMS – Correct dan tunggu uang keluar dari mesin ATM.

Jadi proses penarikan saldo line pay e-cash di atm tidak perlu pakai kartu atm dan tidak perlu lagi memasukan jumlah uang yang akan diambil tetapi cukup masukan no hp dan kode otp.

Kalau belum upgrade apakah bisa tarik tunai?

Sayangnya syarat untuk bisa transfer ke rekening mandiri, transfer ke sesama line pay e-cash dan tarik tunai atm adalah harus sudah registered atau upgrade layanan.

6 – Bagaimana Cara Menerima Uang Lewat Line Pay e-cash?

Jika ada orang yang ingin mengirim uang ke line pay e-cash anda maka anda cukup memberikan no rekening line pay (no hp) dan tunggu dananya masuk.

Jadi tidak perlu melakukan apapun lagi setelah memberikan no rek line pay e-cash, begitu dana masuk nanti akan ada sms pemberitahuan dan pada aplikasi bisa langsung dicek saldo akan berubah (bertambah).

Ingat untuk menerima uang ke line pay e-cash anda tidak perlu melakukan apapun apalagi sampai pergi ke mesin atm, karena semua proses hanya perlu dilakukan oleh pengirim dana.

7 – Bagaimana Cara Mengubah NO HP Line Pay E-Cash?

Jika anda memutuskan ingin mengganti nomor line pay e-cash maka cara paling mudah adalah melalui menu LINE Pay kemudian pilih Pengaturan – Hapus Akun.

Setelah akun line pay e-cash terhapus kemudian anda daftar lagi menggunakan nomor yang baru, proses penghapusan ini hanya akan menghapus akun line pay e-cash bukan hapus akun e-cash mandiri jadi saldonya masih tetap tersimpan pada e-cash dan suatu saat anda bisa gunakan atau hubungkan kembali dengan akun line tersebut.

Advertisement

Demikianlah sekilas gambaran cara menggunakan dan isi saldo line pay e-cash, semoga bermanfaat. Dengan kata lain layanan ini sama dengan mandiri e-cash yang berbeda hanyalah tempat untuk mengaksesnya yaitu dari aplikasi LINE. Mohon maaf jika banyak kekurangan karena kami hanya pengguna biasa bukan cs atau bagian dari line maupun mandiri.

Artikel Terkait

35 Comments

  • Reply agung November 15, 2016 at 6:55 pm

    Maaf mas saya mau bertanya kalo kita pakai nomor HP yg beda sama pendaftaran di Bank Mandiri apakah bisa ? Dan kalo saya blom ada Bank mandiri apakah bisa mendaftar ?

    • Reply Heri PJ November 15, 2016 at 8:16 pm

      Malam mas,
      – Nomor untuk daftar bebas mas
      – Kalau ga punya mandiri bisa daftar ko tapi kalau mau ambil tunai, transfer ke rek e-cash atau ke rek mandiri harus upgrade layanan dulu ke bank mandiri
      Tapi kalau cuma buat dipakai transaksi, misal buat beli pulsa, bayar tokopedia ga perlu upgrade

  • Reply Ismi November 17, 2016 at 4:10 am

    Brrti ada saldo tertinggal ya Mas?
    Saldo tertinggalnya brpa ya?

    • Reply Heri PJ November 17, 2016 at 6:46 am

      Kalau saldo tertinggal sebetulnya ga harus ada karena tergantung pemakaian dan pengisian juga mba
      itu di gambar ada sisa 2.500 karena sisa transaksi beli token

      Kalau ga mau ada sisa bisa ngisi dengan nominal yang pas, misalnya mau bayar tokopedia 53.500 maka kita isi aja sejumlah 53.500 ke line pay dan pakai buat bayar maka nanti ga ada saldo tertinggal

  • Reply nina November 18, 2016 at 1:21 pm

    siang mas, line pay e-cash ini apa ada biaya administrasi perbulannya seperti kita tabung di bank?

    • Reply Irwan November 19, 2016 at 6:02 am

      Siang, mba
      Ga ada administrasinya mba beda sama rek bank

  • Reply Bagus Martha November 18, 2016 at 1:31 pm

    Apa bedanya antara Mandiri e-cash dan Pay e-cash Line, kelebihan dan kekurangannya apa ?

    • Reply Irwan November 19, 2016 at 6:03 am

      Beda cara aksesnya & tampilan aja si mas Bagus, kan sama2 e-cash dari bank mandiri
      fungsinya sama aja ga ada perbedaan

  • Reply hendra November 22, 2016 at 8:06 pm

    Mas kalau mau isi saldo line pay, harus dari bank yang tertera diatas saja ya..?
    kalau dari mandiri syariah bisa gak ya..?
    terima kaseh.

    • Reply Irwan November 23, 2016 at 8:54 am

      Kalau mandiri syaraih saya kurang tahu mas, coba aja ke atm terus tranfer ke rekening mandiri, nanti no rek nya kode bank mandiri + 80 + no HP bisa atau engga
      Isi di Indomaret juga bisa sepertinya mas tadi saya tanya di salah satu indomaret, tapi emang si mereka kadang ada yg ga tau, jadi coba aja tanya2 juga di Indomaret terdekat

  • Reply hendra November 23, 2016 at 10:21 am

    Ooo gitu ya mas…
    Oya mas ada 1 pertanyaan lagi nie,
    kalau tiap transaksi kena cas 3500 ya..?
    maksud saya misalnya beli pulsa 25.000 + 3500 = 28.500 bener gak mas..?
    terima kaseh.

    • Reply Irwan November 23, 2016 at 7:51 pm

      Untuk pulsa adm 1.500 sedangkan token 3.500 sama kaya beli di atm mandiri mas
      Kalau mau murah untuk pulsa bisa beli online seperti di tokopedia atau elevenia, ga kena biaya administrasi
      bayarnya pakai line e-cash, di metode pembayaran pilih mandiri e-cash, keduanya sama aja soalnya
      Note : kalau dipakai untuk belanja online nanti harus pakai kode OTP jadi harus ada sisa pulsa pas transaksi & kalau OTP ga sampe, tunggu 15 menit supaya OTP pertama expired dulu baru coba bayar lagi, kalau diulang2 dalam waktu berdekatan biasanya otp ga mau masuk2

  • Reply hendra November 23, 2016 at 8:00 pm

    Iya mas terima kaseh penjelasannya…
    Kalau gitu sama jugak beli di ATM mandiri syariah 1500, kirain isi pulsa 3500,,,

    😉 terima kaseh

    • Reply Irwan November 23, 2016 at 8:04 pm

      sama-sama mas, iya sama kaya di atm biayanya karena produknya mandiri, bedanya ini lewat hp doang

  • Reply dodo November 24, 2016 at 2:38 pm

    misi gan numpang tanya, ini line pay e-cash masih belum bisa buat beli ID Premium Line@ ya? tadi ane udah coba cuma ada pilihan kartu kredit aja pas purchase ID premium, ane udah daftar line pay e-cash nya sebelumnya, ane kira buat beli ID Premium Line@

    • Reply Irwan November 24, 2016 at 3:49 pm

      Iya belum bisa mas, kalau punya rek mandiri coba aja aktifkan fitur VBV mas
      nanti kartu atmnya bisa dipakai buat transaksi online mirip kartu kredit & saya pernah coba buat beli pulsa di BBM yg pilihannya cuma krtu kredit tapi pakai atm mandiri bisa asalkan udah aktif vbv nya, cari aja info mandiri debet online kalau kurang jelas

  • Reply Ainuen Nadhifah December 8, 2016 at 7:12 am

    Kalau mau menerima tranfer dari orang lain, apa harus punya rekening di bank mandiri??

    • Reply Irwan December 9, 2016 at 7:37 am

      engga mba, tapi nanti kalau uang transfernya mau di tarik tunai maka harus upgrade dulu

  • Reply Agus Gineer December 20, 2016 at 2:15 pm

    sangat bermanfaat. mau tanya, apakah no HP sebagai nomor rekening di Line Pay bisa diubah gak ya?

    • Reply Irwan December 21, 2016 at 12:06 pm

      Mungkin bisa diubah tapi hapus dulu akun e-cash yg lama mas dari menu pengaturan hapus akun
      pilihan kedua, clear data akun line lewat menu settings terus daftar line lagi dengan demikian line pay e-cash akan reset nomornya

  • Reply Agus Gineer December 21, 2016 at 2:11 pm

    Terima kasih informasinya.

  • Reply Toni December 22, 2016 at 11:12 pm

    Halo, ingin nanya, kenapa saat daftar, pas sudah di line pay e cash pin, dan kita sudah masukin no pin, tp selalu muncul “pin cannot contain repetitive or consecutive digits” ya…?

    • Reply Irwan December 23, 2016 at 7:54 am

      itu artinya PIN ga boleh pakai angka mirip2/berurutan mas misal 123456 pasti ga mau atau 112233 ini juga ga mau
      jadi harus angka unik misalnya 397215

  • Reply Hariss dedd December 28, 2016 at 5:44 pm

    Mas mau nanyak, kalau akun terblokir bagaimana untuk bisa mengaktifkan kembali ? Mohon info mas

    • Reply Irwan December 28, 2016 at 8:27 pm

      Kalau terblokir harus ke mandiri mas buat ngurusnya

  • Reply Hariss dedd December 28, 2016 at 5:48 pm

    Mas bagaimana jika akun terblokir, apa masih bisa di gunakan ? Mohon bantu

  • Reply elina December 30, 2016 at 7:00 pm

    Maaf gan mau nny,,aku udah coba beberapa kali tp ko kode OTP ny ga ada2 yhh

    • Reply Irwan December 31, 2016 at 8:57 am

      pakai kartu apa mba? yang udah saya coba & ga ada kendala otp : Indosat, Telkomsel & AXIS/XL kalau pakai 3 katanya otp susah masuk

  • Reply sazira rukmana December 31, 2016 at 1:43 am

    mas mau tanya nih kenapa waktu mendaftar dan setelah diklik yg masukkan pin itu malah muncul langsung tidak boleh menggunakan angka yg sama dan berurutan? padahal saya belum masukkan pin sama sekali. terima kasih mas

    • Reply Irwan December 31, 2016 at 8:59 am

      udah dicoba ulang mba masukin PIN lagi?
      coba tutup dulu aplikasi LINE nya, putuskan koneksi dan tunggu beberapa saat

      • Reply sazira rukmana December 31, 2016 at 9:41 am

        sudah mas, sudah dicoba seperti itu, tapi malah sama aja😢

        • Reply Irwan December 31, 2016 at 9:47 am

          Terus bisa masukin PIN ga mba? mungkin itu cuma pop up peringatan aja karena emang ga boleh pakai pin berurutan / angkanya sama
          saya udah bikin 3 akun ga ada kendala soalnya

          ALternatif lain kalau ga bisa masukin pin pas daftar, bisa daftar pakai e-cash dulu
          install aplikasi mandiri e-cash lalu isi data2nya, atau bisa dial ke nomor *141*6# lalu cari e-cash dan daftar
          setelah akun e-cash dibuat nanti buka line pay & nomornya akan terdeteksi sudah terdaftar mandiri e-cash & kita tinggal minta otp + masukin pin e-cash

  • Reply alfi February 10, 2017 at 4:52 pm

    Permisi mas, buat pay e-cash ini saya sudah daftar, tpi tidak pernah saya pakai, apa ada efeknya?
    Dan juga bagaimana cara saya menonaktifkannya?
    Terimaksaih..

    • Reply Irwan February 11, 2017 at 1:09 am

      #1 – efeknya kalau tidak dipakai berurut-turut 6 bulan maka akan jadi rekening dormant & dikenakan biaya 10.000 per bulan
      kalau saldonya kurang dari 10.000 akan dipotong juga sampai saldo 0 (nol)
      Kalau udah masuk kategori dormat setahu saya e-cash ga aktif lagi & harus mengaktifkan lewat mandiri call

      #2 – Untuk menonaktifkan e-cash bisa hubungi mandiri call 14000 karena memang ga bisa kita hapus/nonaktifkan sendiri

    Leave a Reply