Apa Sih Bedanya Mandiri Mobile dan Internet Banking

Apa bedanya mandiri mobile dan internet banking? adalah salah satu pertanyaan dari seorang pembaca yang masuk melalui form kontak. Secara singkat perbedaan keduanya adalah mandiri mobile bisa diakses setelah kita menginstall aplikasi di HP sedangkan internet banking bisa diakses dengan membuka halaman web ib mandiri.

Mandiri mobile tidak membutuhkan token sebaliknya internet banking harus pakai token jika ingin digunakan untuk transfer uang, melakukan pembayaran atau transaksi finansial lainnya.

Advertisement

Baca juga : cara transfer e-cash ke rekening mandiri.

Namun sebelum bisa menggunakan layanan mandiri mobile maupun internet banking mandiri, pertama-tama kita harus registrasi kemudian aktivasi layanan sms banking atau internet banking melalui kantor cabang agar bisa melakukan transaksi finansial, dan khusus internet banking kita harus meminta (membuat) token terlebih dahulu karena setiap transaksi finansial akan membutuhkan token.

Apa Saja Bedanya Mandiri Mobile dan Internet Banking?

  1. Sebelum bisa menggunakan internet banking kita harus registrasi dan aktivasi lalu meminta token ke kantor cabang agar bisa transaksi finansial seperti transfer atau melakukan pembayaran. Sedangkan jika hanya ingin cek saldo maka tidak perlu token.
  2. Agar bisa menggunakan mandiri mobile kita harus daftar dan aktivasi layanan sms banking, kemudian install aplikasi mandiri mobile di HP. Setiap transaksi finansial cukup menggunakan PIN sms banking.
  3. Menu / fitur internet banking lebih banyak dibandingkan mandiri mobile, sebagai contoh saat kita cek mutasi rekening online melalui internet banking kita bisa cek semua transaksi 6 bulan kebelakang dan bisa menampilkan transaksi dalam 1 bulan sedangkan di aplikasi mandiri mobile hanya tampil 5 transaksi saja. Perbedaan lainnya di internet banking ada menu untuk membuka deposito secara online sedangkan di aplikasi mandiri mobile tidak ada.
  4. Aplikasi mandiri mobile hanya bisa diinstal dan dijalankan di satu HP saja dan pada HP tersebut ada nomor HP yang sudah terdaftar pada layanan sms banking, sedangkan internet banking bisa diakses dari berbagai perangkat baik hp maupun pc.

Jadi harus pilih yang mana?

Itu tergantung kebutuhan anda masing-masing, jika hanya digunakan untuk transfer uang baik ke sesama mandiri maupun beda bank maka mandiri mobile sudah lebih dari cukup.

Tetapi jika ada banyak transaksi lain yang sering dilakukan seperti cek saldo deposito, cek saldo tabungan rencana mandiri, mengisi saldo e-cash mandiri dan sebagainya maka pilihan yang tepat adalah internet banking walaupun kita harus selalu membawa token jika ingin transaksi.

Baca juga : beberapa manfaat aplikasi Mandiri mobile.

Kesimpulan, perbedaan mandiri mobile dan internet banking yang paling mendasar adalah mandiri mobile bisa diakses dengan aplikasi yang terpasang pada HP dan hanya membutuhkan pin sms banking saat kita pakai untuk melakukan transaksi sedangkan internet banking bisa diakses melalui web browser dan membutuhkan token ketika ingin digunakan untuk transaksi finansial.

Demikianlah ulasan singkat mengenai apa bedanya mandiri mobile dan internet banking semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *