Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard Jangan Keliru

Apa perbedaan kartu ATM BCA GPN dan Mastercard mungkin masih banyak yang belum tahu. Seperti salah satu teman yang kemarin mengganti kartu ATM BCA Xpresi dari Mastercard ke GPN.

Advertisement

Sebetulnya bukan sengaja pilih jenis kartu ATM BCA yang berbeda, tetapi karena tidak tahu apa bedanya. Dia beranggapan yang penting kartu ATM BCA Xpresi mau ada logo Mastercard atau GPN sama saja.

Sampai akhirnya dia sadar ternyata ada perbedaan BCA Xpresi GPN dan Mastercard yaitu pada fitur transaksi online. Untuk kartu debit BCA jenis GPN baik itu Xpresi, Tahapan BCA Gold, Silver, Platinum semuanya tidak bisa untuk debit online.

Sehingga tidak bisa untuk transaksi online menggunakan kartu debit BCA. Berbeda dengan debit BCA Mastercard yang bisa untuk debit online sehingga bisa untuk pembayaran belanja online termasuk membeli voucher Google Play Store.

Ini Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard

Perbedaan kedua kartu ATM mastercard dan GPN dari sisi nasabah sebetulnya tidak banyak. Kenapa demikian? karena untuk limit transaksi kartu ATM keduanya sama saja tidak ada perubahan.

Limit tarik tunai, transfer sesama BCA, maupun kirim uang ke bank lain akan tetap sama mengikuti jenis kartunya apakah Blue, Gold, Platinum atau Xpresi.

Yang membedakan keduanya adalah:

  1. Kartu debit GPN hanya bisa transaksi dalam negeri jadi tidak bisa kamu gunakan di luar negeri.
  2. Kartu ATM BCA GPN tidak bisa untuk transaksi online karena debit online BCA hanya berlaku untuk kartu ATM BCA mastercard.
  3. Biaya admin kartu ATM GPN lebih murah 1.000 rupiah jika dibandingkan dengan Mastercard. Contoh Paspor BCA GPN Blue 14.000 sedangkan Paspor BCA Blue Mastercard 15.000 per bulan.

Jadi jika sebelumnya kamu menggunakan kartu ATM BCA Mastercard kemudian ganti ke kartu ATM GPN maka tidak bisa lagi debit online.

Artinya tidak bisa menggunakan kartu tersebut untuk belanja online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya.

Tetapi masih bisa untuk belanja di merchant offline menggunakan mesin EDC seperti biasa.

Berikut adalah contoh perbedaan fitur debit online kartu debit GPN dan Mastercard di BCA Mobile.

Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard

Seperti terlihat pada gambar di atas (kiri) kartu Xpresi GPN hanya bisa untuk transaksi domestik di mesin EDC dan ATM.

Sedangkan kartu BCA Xpresi Mastercard (kanan) bisa untuk transaksi domestik, internasional dan transaksi debit online.

Tanya Jawab

Apa Kekurangan Kartu Debit GPN?

Tidak bisa untuk debit online dan transaksi internasional, hanya bisa berfungsi di Indonesia saja.

Lebih Bagus Pilih GPN atau Mastercard?

Tergantung kebutuhan, jika tidak pernah menggunakan kartu ATM untuk belanja online maka GPN tidak akan menjadi kendala. Tetapi jika sering menggunakan kartu debit untuk pembayaran online seperti kartu kredit maka jelas harus pakai Mastercard.

Apa Bisa Mengganti BCA Xpresi Mastercard ke GPN?

Bisa, caranya cukup datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa identitas (eKTP) dan kartu ATM lama. Setelah itu ambil antrian ke CS, tetapi jika di cabang tersebut sudah ada mesin CS Virtual untuk ganti kartu ATM maka kamu bisa langsung ganti kartu ATM di mesin tersebut.

Apakah Kartu BCA Xpresi GPN Bisa Untuk Belanja Di Supermarket?

Bisa, sama saja seperti kartu BCA Mastercard bisa untuk pembayaran di supermarket, Indomaret, Alfamart atau merchant offline lain.

Kesimpulan

Mau pilih GPN atau Mastercard sebetulnya tergantung kebutuhan kita sendiri. Jika penggunaan kartu ATM hanya untuk transfer, tarik tunai, belanja di merchant maka GPN tidak menjadi masalah.

Tetapi jika kamu sering menggunakan kartu debit BCA untuk belanja online maka jelas harus pilih kartu debit Mastercard.

Karena seperti kita tahu salah satu perbedaan kartu ATM BCA GPN dan Mastercard adalah pada fitur debit online.

Advertisement

Jadi jangan bingung lagi jika menemukan kartu debit GPN tidak bisa transaksi online, karena memang penggunaanya hanya untuk transaksi domestik.

Leave a Reply