Cara Tarik Tunai Jenius di Dalam dan di Luar Negeri

Berbicara tentang Bank Digital di Indonesia, tidak akan bisa lepas dari Jenius. Bank Digital dari BTPN ini seolah menjadi pelopor menjamurnya bank digital di Indonesia. Jenius yang mempopulerkan transaksi perbankan full melalui aplikasi. Mulai dari transaksi keuangan, menabung, investasi, bahkan mengajukan pinjaman. Semua bisa dilakukan hanya dari gadget saja.
Meskipun namanya bank digital, tapi nasabah Jenius tetap bisa melakukan transaksi offline seperti halnya di bank konvensional. Salah satunya adalah tarik tunai. Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang cara tarik tunai Jenius.

Sekilas Tentang Bank Jenius

Bank Jenius

Sebelum membahas tentang cara tarik tunai Jenius, terlebih dahulu saya akan membahas tentang Jenius itu sendiri. Seperti yang kita ketahui, Jenius merupakan aplikasi perbankan yang dikelola oleh Bank BTPN. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, saat ini sudah ada jutaan orang yang terdaftar sebagai pengguna Jenius.

Advertisement

Berbeda dengan bank konvensional, setiap transaksi perbankan di Jenius bisa dilakukan hanya dari aplikasi mobile. Baik itu di Android maupun iOS. Bahkan untuk membuka rekening di Jenius, Anda tidak perlu pergi ke kantor bank. Cukup verifikasi identitas melalui aplikasi saja, dan rekening Anda sudah jadi dan siap digunakan untuk bertransaksi.

Cara Tarik Tunai Jenius

Setelah terdaftar sebagai nasabah Jenius, kamu akan mendapatkan kartu debit. Kartu ini nantinya bisa digunakan untuk bertransaksi, baik untuk membayar atau bertransaksi di mesin ATM. Kartu ini akan dikirimkan oleh pihak Jenius ke alamat Anda, biasanya akan diantar oleh perusahaan ekspedisi tertentu.
Anda bisa request kartu debit Jenius melalui menu card center. Sebelum request, pastikan Anda memiliki saldo minimal Rp. 500-ribu.

Kartu Debit Jenius

Selain digunakan untuk bertransaksi, kartu debit Jenius juga bisa digunakan untuk tarik tunai di mesin ATM. Ini sangat membantu, terutama jika sewaktu-waktu Anda sedang membutuhkan uang cash.
Cara tarik tunai Jenius sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bank lain. Cukup masukkan kartu ATM, pilih nominal yang ingin ditarik, dan uang akan langsung keluar dari mesin ATM. Tapi untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara tarik tunai Jenius yang bisa Anda ikuti.

Pertama, silakan kunjungi ATM terdekat. Kartu debit Jenius bisa digunakan di jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

Jika sudah, masukkan kartu debit Jenius ke mesin ATM. Selanjutnya Anda akan diminta memasukkan PIN. Silakan masukkan PIN kartu debit Jenius Anda.

ATM Bank Jenius

Pilih menu penarikan dana. Di sini Anda akan dihadapkan pada pilihan nominal uang yang akan ditarik. Selain itu, Anda juga bisa mengatur sendiri jumlah uang yang akan ditarik dengan mengetikkan nominalnya melalui papan ketik di mesin ATM.

Jika nominalnya sudah benar, silakan klik lanjutkan. Dan lanjutkan proses transaksi sampai selesai.

Salah satu keunggulan Jenius adalah tidak hanya bisa digunakan di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Kartu debit Jenius bisa digunakan untuk menarik uang di ATM berlogo visa. Jadi tidak hanya di Indonesia, Anda juga bisa menarik uang cash di luar negeri. Caranya hampir sama dengan cara tarik tunai jenius di Indonesia.

Pertama, buka aplikasi Jenius terlebih dahulu. Klik logo USD, lalu pilih Link to M-Card.

Selanjutnya tinggal cari mesin ATM berlogo visa. Masukkan kartu debit Jenius, lalu masukkan PIN. Pilih menu cash withdrawl, lalu Anda bisa tarik tunai sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Limit Tarik Tunai Jenius di ATM

Secara umum, kita mengenal mesin ATM biasa dan mesin ATM TCR. Mesin ATM TCR atau Teller Cash Recycler merupakan mesin ATM khusus untuk melakukan transaksi dalam nominal yang besar. Biasanya mesin ini ditempatkan di kantor cabang Jenius.
Mesin ini memiliki limit yang lebih besar dari mesin ATM biasa, sehingga cocok bagi Anda yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.

Berbeda dengan mesin ATM biasa, TCR tidak hanya berfungsi untuk tarik atau setor uang. TCR memiliki fungsi lain seperti deteksi uang palsu, hitung nominal uang, dan masih banyak lagi.

Sama seperti bank pada umumnya, Jenius juga memiliki limit/batasan tarik tunai yang bisa dilakukan di mesin ATM. Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga keamanan akun nasabah itu sendiri. Dan berikut adalah limit tarik tunai Jenius di ATM.

Limit Tarik Tunai di Mesin ATM Biasa

  • Minimum jumlah tarik tunai Rp. 50,000/transaksi
  • Maksimum jumlah tarik tunai Rp. 3,000,000/transaksi
  • Maksimum jumlah tarik tunai Rp. 15,000,000/hari

Limit Tarik Tunai di Mesin ATM TCR

  • Minimum jumlah tarik tunai Rp. 50,000/transaksi
  • Maksimum jumlah tarik tunai Rp. 99,950,000/transaksi
  • Maksimum jumlah tarik tunai Rp. 99,950,000/hari

Jenius adalah aplikasi perbankan yang simple, karena semua transaksinya bisa dilakukan hanya dari aplikasi. Cara tarik tunai Jenius juga sangat mudah, karena bisa dilakukan di seluruh ATM Bersama/Prima atau yang berlogo visa.

Related Post