Beberapa Manfaat E-cash Yang Pernah Saya Coba

Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai beberapa manfaat e-cash mandiri yang pernah saya coba, bagi yang belum tahu mandiri ecash adalah salah satu jenis uang elektronik yang menggunakan nomor HP sebagai no rekeningnya.

Saldo yang ada pada rekening e-cash bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan mulai dari isi ulang pulsa, belanja online, membeli token listrik, bayar grab, transfer ke rekening mandiri maupun sesama e-cash dan bisa juga tarik tunai melalui mesin atm mandiri.

Advertisement

Jadi manfaat utama dari mandiri e-cash ini bisa untuk menggantikan uang fisik, dan bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin menerima transfer dari rekening mandiri tanpa harus membuka tabungan mandiri terlebih dahulu.

Walau demikian perlu diketahui juga bahwa ada batas maksimal dana yang bisa tersimpan pada ecash ini yaitu 1 juta dan 5 juta bagi yang sudah melakukan upgrade. Oke bagi sobat sekalian yang belum tahu apa saja manfaat e-cash berikut adalah beberapa kegunaannya yang pernah saya coba/rasakan sendiri.

Apa Saja Manfaat E-cash Mandiri?

  1. Bisa digunakan untuk membeli token lstrik dan pulsa langsung lewat hp tanpa perlu repot pergi ke atm tetapi perlu diketahui bahwa pembelian pulsa elektrik maupun listrik lewat e-cash akan dikenakan biaya sama seperti saat kita membeli lewat atm yaitu 1.500 dan 3.500 rupiah.
  2. Bisa untuk membayar transaksi di beberapa merchant yang sudah bekerja sama termasuk toko online seperti tokopedia, elevenia dan masih banyak lagi. Kelebihan membayar pakai mandiri e-cash adalah kita tidak perlu repot lagi melakukan konfirmasi pembayaran apalagi harus mengupload bukti transfer. Dengan kata lain alat pembayaran ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sering belanja online tetapi tidak punya kartu kredit, mandiri internet maupun sms banking karena cukup isi saldo e-cash kemudian gunakan untuk membayar.
  3. Bisa untuk transfer ke rekening mandiri maupun sesama rekening ponsel e-cash secara instan, akan berguna saat kita ingin kirim uang ke pemilik rekening mandiri tapi kita tidak punya rek mandiri. Prosesnya sangat mudah dan dana akan masuk saat itu juga. Penerima dana tidak perlu melakukan apapun karena hanya perlu menunggu dana masuk setelah kita transfer.
  4. Bisa diambil atau tarik tunai di mesin atm mandiri, nah jika dana pada rekening mandiri e-cash kamu sudah banyak lalu ingn dicairkan maka cukup pergi ke atm mandiri dengan membawa hp dengan no yang terdaftar pada rekening mandiri e-cash kemudian lakukan penarikan tunai.

Itulah 4 manfaat e-cash mandiri yang pernah saya rasakan atau coba langsung, walau demikian memang rekening ini mempunyai kekurangan diantaranya :

  1. Saat akan digunakan untuk membayar atau tarik tunai akan dikenakan biaya sms untuk menerima otp sebesar 550 rupiah.
  2. Resiko jika ponsel hilang dan tentu untuk mengurusnya tidak semudah saat kita kehilangan atm atau buku tabungan karena data yang dimiliki oleh pihak bank sangat terbatas belum lagi jika no hp yang hilang tersebut tidak bisa dibuat kembali maka resiko kehilangan saldo akan lebih besar.
  3. Tidak semua merchant yang bekerjasama tahu dengan mandiri e-cash sebagai contoh Alfamart yang konon katanya sudah menjadi salah satu merchant artinya kita bisa setor maupun tarik tunai atau membayar pakai e-cash tetapi saya pernah tanyakan di salah satu Alfamart mengenai mandiri e-cash tetapi mereka malah tidak tahu, padahal disitus resmi bank mandiri ada halaman yang menjelaskan tentang promo cashback di Alfamart dan Alfamidi, silahkan cek tautan ini.

Jadi sudah perlukah kita mempunyai rekening mandiri e-cash?

Sepertinya ini tergantung kebutuhan masing-masing tetapi jika sobat sering belanja online di elevenia misalnya dan tidak ingin repot melakukan konfirmasi pembayaran maka jelas mandiri e-cash bisa menjadi salah satu solusinya.

Selain itu jika sobat jualan online kemudian banyak yang membayar pakai rekening mandiri maka e-cash juga bisa menjadi solusi, karena setelah kita daftar mandiri e-cash kemudian lakukan upgrade maka kita bisa menerima transfer dana dari pemilik rekening mandiri kemudian dananya bisa kita tarik ATM mandiri.

Advertisement

Itulah beberapa manfaat e-cash yang saya tahu dan pernah coba sendiri, semoga info singkat ini bisa memberikan lebih banyak gambaran tentang mandiri e-cash.