Cara Mengoptimalkan Ukuran Gambar Untuk Blog WordPress

Salah satu cara untuk menghemat bandwidth web hosting adalah dengan mengoptimalkan ukuran gambar sehingga menjadi lebih kecil dibanding aslinya. Selain untuk menghemat bandwidth tentu saja penggunaan gambar pada posting blog dengan ukuran kecil akan mempercepat loading blog.

Untuk mengecilkan gambar di blog wordpress secara optimal kita bisa manfaatkan layanan image compressor online ditambah dengan plugin image optimizer seperti WP Smush dan masih banyak lagi.

Advertisement

Konsepnya adalah sebelum gambar kita upload ke blog, entah itu untuk featured image maupun disisipkan dalam postingan kita optimasi terlebih dahulu menggunakan tool online agar ukurannya lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.

Baca juga : cara membackup wordpress.

Setelah gambar lebih kecil kita dapatkan kemudian barulah kita upload ke blog dan saat diupload akan otomatis dikompres lagi oleh plugin, dalam hal ini saya menggunakan WP Smush karena prosesnya dilakukan diserver mereka sehingga tidak terlalu membebani web hosting yang kita gunakan.

Ada banyak situs untuk mengecilkan ukuran gambar secara online dan pada kesempatan kali ini saya memilih optimizilla online image optimizer.

Alasannya karena kita bisa atur atau setting kualitas gambar sesuai kebutuhan sehingga bisa mendapatkan image dengan ukuran paling kecil tetapi kualitasnya masih sama dengan aslinya.

Beginilah Cara Mengoptimalkan Ukuran Gambar Untuk Blog WordPress

Agar lebih jelas, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini semoga bisa bermanfaat bagi sobat blogger terutama yang sering menggunakan gambar pada postingan blog.

#1 – Install Plugin Image Optimizer

Ada banyak pilihan tersedia namun dari beberapa plugin yang pernah saya coba akhirnya memilih WP Smush karena tidak membebani server serta tidak menggunakan database seperti EWWW Image Optimizer yang ukurannya cukup cepat membengkak.

Untuk menginstall bisa langsung dari halaman resmi WordPress ini.

Setelah install lalu aktifkan dengan demikian setiap kali kita upload gambar akan otomatis dikompress atau diperkecil ukurannya baik itu gambar dengan ukuran (size) besar maupun thumbnail.

#2 – Kompress Gambar Secara Online

Langkah ini memang opsional tetapi jika kamu ingin mendapatkan mengoptimalkan ukuran gambar sehingga jauh lebih kecil maka tidak ada salahnya jika langkah ini juga dicoba.

Tujuannya agar sebelum gambar kita posting ke blog ukurannya menjadi lebih kecil, dengan demikian tidak akan terlalu memakan banyak bandwidth serta akan lebih cepat loading walau mungkin tidak terlihat secara signifikan.

Untuk mengecilkan ukuran gambar secara online kita bisa pakai optimizilla.com.

Caranya buka halaman optimizilla.com lalu upload image yang ingin kita kompress, setelah itu biarkan proses sampai selesai.

Jika dirasa hasilnya masih kurang kecil maka kita bisa ubah angka pada Quality (default 90).

Sebagai contoh ukuran gambar aslinya adalah 30.8KB setelah dikompres menjadi 26.KB atau berkurang 16% saja. Karena ingin mendapatkan ukuran lebih kecil maka ubah pada Quality misalnya menjadi 70 lalu Apply.

Mengoptimalkan Ukuran Gambar

Bandingkan gambar sebelah kiri (asli) dengan kanan jika tidak ada perbedaan maka kita bisa gunakan, sedangkan jika hasilnya pecah-pecah maka kita harus atur lagi quality dengan menaikan angkanya menjadi lebih besar.

Setelah didapat hasil yang paling optimal kemudian download dan simpan ke PC.

Nah gambar dengan ukuran lebih kecil itulah yang nantinya kita gunakan untuk dimasukan ke artikel blog.

Seperti saya sebutkan diatas, untuk langkah kedua memang tidak harus atau hanya opsional karena tentu kita akan membutuhkan kuota internet lebih banyak untuk upload dan download tetapi jika ingin mendapatkan gambar dengan ukuran lebih kecil maka tidak ada salahnya kita lakukan 2 kali optimasi.

Itulah sedikit pengalaman mengoptimalkan ukuran gambar untuk blog WordPress yaitu dengan online image optimizer dan memasang plugin WP Smush.

Bagaimana jika tidak menggunakan WordPress, misalnya blogger? karena di blogger tidak ada plugin maka yang bisa kamu pakai adalah langkah kedua yaitu kompres dulu gambar secara online sebelum diposting keblog.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung.

Latest Comments
  1. Rudi May 12, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *