Beberapa Tips Penting Sebelum Membeli atau Sewa Domain

Advertisement

Berniat mau membeli atau sewa domain? tunggu dulu sebelum sobat membaca beberapa tips berikut ini. Sewa domain memang sangat mudah dan saat ini ada banyak sekali tempat untuk menyewa domain name baik lokal maupun luar.

Namun sebelum memutuskan untuk memilih nama domain untuk keperluan blog pribadi maupun perusahaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Sehingga kita tidak akan menyesal salah memilih domain seperti yang pernah kami alami.

Ceritanya beberapa bulan lalu kami putuskan untuk membeli sebuah domain name tanpa cek dan ricek terlebih dahulu.

Singkat cerita ternyata nama domain yang kami pilih sebelumnya pernah digunakan orang lain kemudian tidak diperpanjang, setelah lewat 1 tahun biasanya  akan dihapus dan tersedia kembali untuk digunakan.

Celakanya domain tersebut sudah pernah kena penalty Google tepatnya deindex, ko tahu?

Kami tahu setelah satu minggu lebih halaman utama maupun artikel yang telah kami posting tidak ada satupun yang terindex Google walaupun sudah submit ke webmaster termasuk melakukan fetch.

Karena tetap tidak terindex akhirnya kami putuskan untuk sewa domain baru dengan nama berbeda tentunya, dan harus merelakan yang lama terbengkalai.

Tips Penting Sebelum Membeli atau Sewa Domain

#1. Usahakan memilih nama domain yang singkat dan mudah diingat.

Ini penting terutama jika akan digunakan untuk mewakili perusahan / organisasi maka pilihlah nama yang sesuai dengan nama perusahaan atau organisasi anda.

#2.Cek ketersediaan nama domain dan akun sosial media.

Ini sangat penting terutama jika kita ingin gunakan untuk perusahaan atau mewakili brand/merk yang kita punya.

Untuk mengeceknya sangat mudah karena ada banyak layanan domain checker online atau jika mau yang lebih lengkap sehingga kita bisa cek juga ketersediaan akun sosial media maka bisa mencoba menggunakan namecheckr.com.

Contoh : kita mempunya merek capmogaawet kemudian ingin membuat situs untuk merk tersebut termasuk ingin membuat akun sosial media dengan nama yang sama seperti untuk Twitter, Halaman Facebook, Google Plus, Instagram dan lainnya maka lakukan pengecekan dengan namecheckr.com dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Seperti terlihat pada gambar diatas, nama domain yang ingin dipilih adalah capmogaawet.com masih tersedia atau belum ada yang memakai.

Begitu juga dengan nama FB page, username Twitter, Instagram maupun Google Plus.

#3. Cek riwayat atau history domain

Ini tidak kalah pentingnya karena dengan mengecek riwayatnya kita bisa mengetahui apakah nama domain yang kita akan sewa sudah pernah digunakan oleh orang lain atau belum.

Caranya buka halaman http://whois.domaintools.com/ kemudian ketik nama domain yang ingin kita beli. Misalnya capmogaawet.com

Nah jika hasilnya seperti gambar diatas maka cukup aman untuk dipilih karena belum pernah ada yang menggunakan.

Sebaliknya jika sudah pernah ada yang pakai kemudian dihapus lalu drop maka hasilnya akan tampak seperti berikut ini.

Terlihat pada bagian Domain status isinya Deleted and available Again, ini artinya sudah pernah ada yang sewa kemudian tidak diperpanjang akhirnya dihapus.

Sebaiknya hindari tipe domain seperti ini karena jika tidak hati-hati bisa jadi dulunya pernah digunakan untuk blog spam, bekas deindex atau bahkan pernah dibanned oleh Google Adsense sehingga kamu tidak bisa lagi pasang iklan Adsense.

Namun untuk memastikan apakah pernah dibanned Adsense kita juga perlu cek lebih lanjut menggunakan Google Adsense Sandbox Preview tools di http://ctrlq.org/sandbox/

Caranya masukan domain yang ingin kita periksa lalu pilih tombol Preview Ads.

Jika semua kolom iklan tampil blank putih alias kosong maka bisa dipastikan bahwa sudah dibanned oleh Google Adsense sehingga jika kita beli dan pasang iklan dari Adsense maka tidak akan muncul.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagikan saat sobat memutuskan ingin membeli atau sewa domain, jika belum tahu bagaimana caranya silahkan baca juga : cara beli domain di Namesilo.