Membatalkan Pengiriman Email Gmail, Bagaimana Caranya?

Gmail memiliki satu fitur urung kirim atau unsend dengan tujuan untuk membatalkan pengiriman email Gmail setelah kita klik send atau kirim, fitur ini mungkin berguna saat kita akan menulis pesan kepada seseorang dan tidak sengaja klik tombol send padahal penulisan pesan belum selesai.

Bisa juga saat kita akan mengirim email lewat Gmail kemudian telah dikirimkan tetapi menyadari ada kesalahan sehingga ingin merevisi, nah dengan fitur unsend ini maka pesan tersebut dapat ditarik kembali walaupun dengan keterbatasan yaitu hanya bisa dibatalkan dalam jangka waktu maksimal 30 detik setelah dikirim.

Advertisement

Jadi jika pengiriman email sudah lama maka fitur ini tidak lagi berfungsi, selain itu pembatalan kirim email ini hanya bisa dilakukan dari PC.

Baca juga : cara download lampiran di Gmail.

Walau hanya bisa batalkan pengiriman maksimal setelah 30 detik dikirim tetapi tidak ada salahnya jika kita aktifkan fitur urung kirim ini karena akan bermanfaat saat kita tidak sengaja klik send/kirim padahal penulisan pesan belum selesai, misalnya ingin menambahkan file lampiran menambah teks atau memperbaiki tulisan yang sudah kita buat.

Cara Membatalkan Pengiriman Email Gmail

Berikut adalah langkah untuk mengurungkan atau unsend email Gmail yang dikirim, sayangnya cara ini tidak bisa dilakukan lewat HP karena opsi batalkan hanya akan ada jika kita akses dari komputer.

#1 Persiapan – Ubah Pengaturan

Sebelum bisa membatalkan email yang dikirim lewat Gmail pertama-tama kita harus lakukan dulu sedikit perubahan pada menu pengaturan dengan cara sebagai berikut:

  • Login ke akun Gmail kemudian klik icon Gir lalu pilih Setelan.
  • Kemudian lihat tab Umum dan scroll kebawah lalu lihat opsi Urung Kirim.
  • Centang Aktifkan Urung Kirim lalu tentukan berapa detik waktu pembatalan, misalnya 30 detik.
  • Terakhir klik Simpan Perubahan.

Tujuan dari langkah diatas adalah untuk menyediakan waktu selama 30 detik untuk membatalkan proses pengiriman pesan saat kita kirim email lewat Gmail.

#2 – Proses Pembatalan Kirim Email Lewat Gmail

Setelah kita aktifkan fitur urung kirim maka setelah selesai klik tombol send saat kita mengirim email lewat Gmail akan muncul piliahan untuk Urung (tarik kembali email tersebut) yang muncul sesuai dengan durasi waktu yang sudah kita atur pada langkah diatas.

Misal jika kita setting 30 detik maka pesan tersebut akan muncul selama 30 detik setelah itu akan menghilang yang artinya pesan sudah tidak bisa dibatalkan lagi, berikut contohnya:

Setelah selesai menulis pesan kemudian kita klik tombol Kirim dan proses pengiriman akan berlangsung lalu akan muncul pemberitahuan “Pesan Anda telaj dikirim” dan disebelah kanannya ada tambahan link Urung seperti gambar dibawah ini.

Nah jika anda ingin menarik kembali email tersebut maka pilih Urung dan pengiriman pun akan dibatalkan, dengan catatan hanya bisa dilakukan maksimal selama 30 detik atau sesuai dengan pengaturan durasi waktu pada menu Kirim Waktu Pembatalan.

Baca juga : cara mengganti kata sandi Gmail.

Kalau Email Sudah Lama Bisakah Dibatalkan Pengirimannya?

Seperti kami sebutkan diatas, fitur ini hanya bisa berfungsi maksimal 30 detik setelah kita kirimkan pesan kepada penerima, jadi jika lebih dari 30 detik maka sudah tidak bisa dibatalkan lagi.

Kesimpulan, untuk membatalkan pengiriman email Gmail hanya bisa dilakukan maksimal 30 detik setelah pesan tersebut dikirim dan sebelumnya kita harus aktifkan dulu opsi urung kirim dengan cara yang kami jelaskan diatas. Refernsi : Mengirim atau mengurungkan pengiriman pesan Gmail – Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *