Dua Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem

Carabimo.com – Kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara menjadikan HP Android sebagai modem usb sehingga bisa berbagi koneksi internet ke PC atau laptop.

Selain lewat USB kita juga bisa share internet lewat wifi yaitu dengan mengaktifkan fitur hotspot pada HP Android namun ada beberapa tipe HP yang tidak memiliki fitur wifi tethering sehingga mungkin lewat kabel usb bisa menjadi alternatifnya.

Advertisement

Kelebihan mengaktifkan wifi tethering untuk berbagi koneksi internet adalah bisa lebih dari satu perangkat yang terhubung dalam waktu bersamaan, entah itu pc maupun HP Android lainnya.

Berbeda dengan kabel yang hanya bisa untuk satu pc saja dan tentunya tidak bisa jika ingin share ke sesama Android.

Jika kamu mencoba cara yang akan saya jelaskan berikut ini tetapi saat menghubungkan kabel usb ke pc tetapi HP Android tidak terbaca maka kamu bisa coba install usb driver yang sesuai dengan HP tersebut terlebih dahulu. Baca juga : cara mengaktifkan Wifi hotspot modem huawei.

Untuk drivernya bisa kamu cari disitus resmi sesuai dengan merk ponsel yang digunakan. Pada percobaan kali ini saya menggunakan HP Samsung Galaxy Grand 2 dengan OS KitKat dan berikut langkah detailnya:

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB

  1. Pertama-tama hubungkan kabel usb dari HP ke PC, tunggu sampai ponsel terbaca.
  2. Setelah itu buka menu settings atau pengaturan di HP Android.
  3. Kemudian pilih menu Tethering and mobile hotspot.
  4. Berikutnya centang USB Tethering.
  5. Jika berhasil maka di PC akan muncul dialog Set a location for the “…” network seperti gambar dibawah ini.Silahkan pilih salah satu atau Cancel pun tidak masalah.

Setelah kamu ikuti langkah diatas dan berhasil maka kamu sudah sukses menjadikan Android sebagai modem USB sehingga bisa berbagi koneksi internet dari HP Android ke PC dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan online seperti browsing dan lainnya.

Cara Menjadikan Android Sebagai WiFi Hotspot Untuk Share Internet

Opsi lainnya jika tidak mempunyai kabel usb maka kita bisa manfaatkan fitur mobile hotspot atau wifi tethering yang ada pada HP.

Setelah aktif nantinya kita tinggal aktifkan wifi pada laptop atau ponsel Android lainnya kemudian hubungkan ke hotspot tersebut, dan berikut langkah detailnya.

  1. Buka menu pengaturan atau settings pada ponsel Android.
  2. Setelah itu pilih Tethering and mobile hotspot.
  3. Kemudian aktifkan Mobile hotspot.
  4. Biasanya ponsel akan membuat nama SSID dan password wifi secara otomatis, untuk memudahkan sebaiknya kita ubah nama SSID dan sandi hotspot tersebut dengan cara tap agak lama pada menu Mobile Hotspot lalu pilih Configure.Kemudian pada Network SSID silahkan ubah sesuai keinginan pada contoh diatas saya buat menjadi carabimo lalu pada Security pilih WPA2 PSK dan Password isi sesuai keinginan lalu Save.

Sampai dengan langkah ke-4 berarti proses pembuatan hotspot di HP sudah berhasil, langkah selanjutnya adalah mengubungkan laptop atau PC ke hotspot tersebut dan berikut caranya.

  1. Klik pada icon wireless lalu pilih nama SSID sesuai yang kita buat pada langkah sebelumnya lalu pilih Connect.
  2. Berikutnya silahkan masukan sandi atau password hotspot sesuai dengan yang telah kita buat lalu pilih tombol OK.

Sedangkan jika kamu ingin hubungkan dari HP Android lain maka caranya cukup aktifkan fitur Wi-Fi pada ponsel itu dan pilih SSID yang kita buat.

Itulah dua cara menjadikan HP Android sebagai modem baik lewat USB maupun hotspot tethering, cukup mudah bukan?

Advertisement

Jika masih mengalami kendala atau ada langkah yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Latest Comments
  1. @bangsaid December 2, 2016