Cara Mudah Memperkecil Ukuran File PDF

Saat kita ingin memperkecil ukuran file pdf ada dua cara umum untuk melakukannya yaitu secara online atau offline dengan software tambahan gratis seperti ORPALIS PDF Reducer misalnya.

Kelebihan kompres ukuran dokumen pdf secara online adalah tidak perlu menginstall aplikasi lagi di komputer tetapi tentu membutuhkan koneksi internet dan cepat atau lambatnya tergantung berapa besar file yang diproses serta kecepatan internet yang digunakan.

Advertisement

Sedangkan jika kita lakukan secara offline, tentu kita harus install software terlebih dahulu walaupun ini cuma satu kali. Tetapi kelebihannya adalah kita bisa lakukan kapan saja tanpa butuh koneksi internet. Baca juga : cara convert jpg ke pdf.

Selain itu mungkin lebih aman terutama jika file pdf yang akan diproses cukup penting atau rahasia sehingga hanya boleh dibaca oleh kalangan tertentu.

Jika dilihat dari sisi hasil, memang memperkecil ukuran pdf online bisa lebih maksimal karena tingkat atau level kompresinya lebih tinggi.

Seperti yang sudah kami pernah coba membandingkan hasil kompres dengan ORPALIS PDF Reducer dengan smallpdf (online) hasilnya smallpdf bisa menghasilkan ukuran file lebih kecil dan kualitas yang dihasilkan hampir sama dengan aslinya.

Semoga panduan yang akan kami bahas berikut ini bisa bermanfaat terutama bagi anda yang kesulitan mengirim file pdf lewat email karena ukurannya melebihi batas maksimal.

Baik itu untuk keperluan lamaran pekerjaan, maupun laporan yang harus dikirimkan dalam format pdf.

Inilah Cara Mudah Memperkecil Ukuran File PDF

Cara Pertama : Menggunakan ORPALIS PDF Reducer

  1. Langkah pertama silahkan unduh terlebih dahulu installer software orpalis pdf reducer dari sini
  2. Kemudian install dan jalankan.
  3. Ubah dulu pengaturan agar bisa membaca file bukan folder, caranya pilih menu Options lalu pilih Tab General dan ganti Input mode menjadi File selections kemudian Apply seperti terlihat pada gambar berikut.
  4. Langkah selanjutanya pilih tombol source lalu cari dokumen PDF yang akan kita kurangi ukurannya.
  5. Setelah itu pilih tombol Destination untuk menentukan folder lokasi penyimpanan hasilnya.
  6. Terakhir pilih tombol Start batch dan tunggu sampai selesai.

Seperti terlihat pada gambar diatas, ternyata software ini mampu mengurangi ukuran file pdf sampai 51% dibandingkan ukuran aslinya.

Alternatif lain bagi yang tidak ingin menginstall aplikasi tambahan maka bisa mencoba secara online dan berikut adalah panduannya.

Cara Kedua : Kompres File PDF Secara Online

  1. Kunjungi situs smallpdf.
  2. Kemudian upload dokumen PDF dari PC/DropBox/Google Drive. Jika mengambil dari PC caranya bisa dengan drag and drop atau klik Pilih File.
  3. Tunggu sampai proses upload dan kompres selesai.
  4. Terakhir silahkan unduh hasilnya ke pc anda dengan cara pilih Unduh File Sekarang.

Seperti terlihat pada gambar diatas, file asli dengan ukuran 4.82MB setelah dikompres hasilnya menjadi 962.78KB, cukup kecil bukan?

Jika dibandingkan antara ORPALIS PDF Reducer dengan smallpdf jelas smallpdf bisa menghasilkan ukuran file yang lebih kecil, namun itu kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

Karena seperti sudah saya sebutkan diatas, jika kita khawatir atau tidak ingin upload file penting maka sebaiknya lakukan secara offline walaupun memang tingkat kompresinya tidak terlalu tinggi.

Advertisement

Demikianlah dua cara mudah memperkecil ukuran file PDF, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga : cara menggabungkan file pdf yang terpisah.

Latest Comments
  1. Wadiyo September 10, 2016
    • Irwan September 10, 2016
  2. def June 7, 2017
  3. ari August 8, 2017
    • Irwan August 8, 2017
  4. Andi August 12, 2017
    • Irwan August 13, 2017