Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Internet Banking

Cara daftar dan aktivasi mandiri internet banking tidak sulit karena hampir sama dengan saat daftar sms banking mandiri lewat atm. Pertama-tama kita registrasi internet banking mandiri di atm kemudian lakukan aktivasi secara online dari pc atau hp tapi tentu akan lebih sulit karena ukuran layar HP lebih kecil dibandingkan pc.

Proses pendaftaran internet banking mandiri memang lebih panjang dibandingkan dengan daftar sms banking mandiri karena setelah melakukan registrasi via atm kita juga harus lakukan aktivasi secara online dan setelah itu minta token ke kantor cabang jika ingin bisa digunakan untuk transaksi finansial.

Advertisement

Apa itu transaksi finansial? singkatnya ini adalah jenis transaksi yang menyebabkan perubahan terhadap keuangan / saldo rekening mandiri anda seperti transfer, membeli pulsa isi ulang, pembayaran tagihan dan lain sebagainya kecuali cek saldo dan cek mutasi rekening.

Jadi walaupun kita sudah daftar dan aktivasi mandiri internet banking, kita belum bisa menggunakannya untuk transaksi keuangan termasuk belanja online dan lain sebagainya sampai anda pergi ke kantor cabang untuk meminta token.

Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Internet Banking

Seperti saya singgung diatas, untuk bisa menggunakan internet banking mandiri kita harus registrasi dulu melalui mesin atm mandiri setelah itu lakukan aktivasi secara online dan berikut langkah-langkahnya:

#1 – Registrasi Mandiri Internet Lewat ATM

  1. Pergi ke mesin atm mandiri kemudian masukan kartu atm dan pilih bahasa Indonesia lalu masukan PIN.
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  3. Pilih menu Pendaftaran E-Banking.
  4. Pilih menu Internet Banking lalu Setuju.
  5. Langkah berikutnya anda akan diminta memasukan access code 6 digit, silahkan buat kode yang mudah diingat karena nantinya access code (PIN) ini akan digunakan saat kita aktivasi internet banking online di situs bank mandiri.
  6. Konfirmasi access code dengan memasukan kode yang sama lalu pilih Benar.
  7. Jika pendaftaran berhasil maka akan keluar struk atau slip yang isinya kira-kira seperti gambar dibawah ini.Sebaliknya jika pendaftaran internet banking di atm gagal maka sebaiknya anda hubungi cs mandiri, jika gagal biasanya akan keluar struk transaction declined, saya sendiri tidak tahu apa sebabnya tapi rekening istri saya juga begitu tidak bisa dipakai daftar internet banking di atm.

Setelah pendaftaran langkah pertama selesai berikutnya kita lakukan aktivasi dan sebelum melakukannya sebaiknya siapkan/ingat access code yang tadi dibuat di atm serta nomor kartu atm yang ada dibagian depan 16 digit.

#2 – Cara Aktivasi Internet Banking Mandiri

  1. Langkah pertama buka halaman ib mandiri ini kemudian pilih tombol Setuju.
  2. Masukan 16 digit nomor atm pada kolom ACCESS ID dan PIN yang dibuat di mesin atm pada saat daftar internet banking pada kolom ACCESS CODE lalu pilih tombol Aktifkan.
  3. Selanjutnya buat user id dan 6 pin internet banking sebanyak 2x, lalu alamat email dan terakhir pilih tombol Kirim.Penting : ingat atau catat baik-baik user id dan pin internet banking anda agar tidak lupa. Karena jika lupa dan belum mempunyai token maka untuk resetnya akan sulit.
  4. Jika proses aktivasi mandiri internet berhasil maka anda akan dibawa ke halaman login ib mandiri. Jadi silahkan login menggunakan user id dan password yang tadi dibuat.

Setelah berhasil login, yang bisa anda lakukan adalah pengecekan saldo, cek mutasi rekening mandiri. Sedangkan untuk transaksi lain seperti membayar, membeli, transfer ke rekening bank lain maupun sesama mandiri maka anda harus ke kantor cabang dulu untuk mengaktifkan transaksi finansial menggunakan token mandiri.

Itulah sedikit panduan cara daftar dan aktivasi mandiri internet, setelah proses diatas kita lakukan langkah terakhir adalah meminta token ke kantor cabang dengan bawa buku tabungan, atm dan juga ktp. Setelah itu lakukan aktivasi token mandiri secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *