Cara Backup dan Restore Blog WordPress Dengan UpdraftPlus

Salah satu cara paling mudah untuk backup dan restore blog wordpress self hosting adalah dengan menggunakan plugin UdraftPlus yang bisa digunakan secara gratis. Tidak hanya bisa backup manual tetapi plugin ini bisa melakukan backup secara otomatis harian.

Sayangnya untuk versi gratis kita tidak bisa tentukan waktunya kapan proses backup dilakukan, walau demikian plugin UpdraftPlus sudah lebih dari cukup untuk blogger pengguna WordPress yang ingin backup dan restore blognya dengan mudah dan cepat.

Advertisement

File cadangan atau backup ini akan sangat berguna untuk menghindari kehilangan data terutama jika terjadi masalah pada server web hosting yang kita gunakan, selain itu akan berguna juga saat kita pindah hosting atau bahkan saat ingin memindahkan blog ke localhost.

File backup yang dibuat oleh plugin UpdraftPlus akan terpisah yaitu database, plgin, theme, uploads dan file-file dari root directory hosting. Hal ini akan memudahkan kita saat ingin restore misalnya hanya ingin restore database maka kita tinggal pilih file database.

Cara Backup WordPress Menggunakan Plugin UpdraftPlus

  1. Install lalu aktifkan plugin UdraftPlus dari plugin directory dengan cara pilih menu plugins – Add new lalu cari “UpdraftPlus WordPress Backup Plugin” atau bisa juga dengan buka halaman ini.
  2. Setelah plugin aktif kemudian dari dashboard WordPress pilih menu SettingsUpdraftPlus Backups.
  3. Pilih tombol Backup Now.
  4. Centang Include the database in the backup dan Include any files in the backup. Lalu pilih Backup Now.
  5. Tunggu sampai proses backup selesai.

Setelah file backup dibuat maka kita bisa download ke komputer kemudian simpan dan bisa digunakan ketika akan restore atau mengembalikan blog wordpress misal saat pindah hosting.

Cara Restore Blog WordPress Dengan UpdraftPlus

Ketika kita ingin mengembalikan data atau postingan baik berupa artikel/gambar yang terhapus menggunakan file backup dari UpdraftPlus maka caranya adalah sebagai berikut:

  1. Install dan aktifkan plugin UpdraftPlus jika belum ada.
  2. Pilih menu Settings – UpdraftPlus backups.
  3. Kemudian pilih Tab Existing Backups, jika file backup belum ada di server maka pilih upload backup files kemudian unggah file dari komputer atau pilih rescan jika file backup sudah ada diserver.
  4. Pilih tombol Restore.
  5. Kemudian pilih apa saja yang ingin direstore lalu klik tombol Restore dan tunggu sampai selesai.

Contoh penggunaan

Saat kita pindah web hosting maka caranya, backup dulu isi blog wordpress lama dengan plugin UpdraftPlus lalu download semua file backup tersebut ke komputer.

Install wordpress di hosting baru lalu install juga plugin UpdraftPlus. Setelah aktif kemudian pilih tab Existing Backup lalu upload semua file backup dari komputer ke server baru.

Setelah file sukses diupload pilih Restore, seperti langkah diatas.

Baca juga : cara mengoptimalkan gambar wordpress.

Catatan : jika memindahkan web hosting wordpress tentu anda harus ubah dulu dns lama ke dns web hosting baru dan menunggu proses propagasi, dan setelah propagasi selesai baru lakukan restore.

Sedangkan jika anda memindahkan ke localhost agar bisa tetap diakses di localhost maka setelah proses restore harus ubah lagi pengaturan url homepage dan link lain agar mengarah ke localhost melalui phpmyadmin.

Advertisement

Demikianlah cara mudah membackup wordress dan restore menggunakan plugin UpdraftPlus, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *