3 Langkah Membatalkan Paket Hosting Di Hawkhost

carabimo.com – Belum genap satu bulan mencoba shared hosting hawhkost, kini saya putuskan untuk membatalkan paket hosting yang saya sewa disana.

Salah satu alasan kenapa akhirnya saya request cancellation adalah karena pindah ke VPS selain itu web hosting di hawkhost ternyata menggunakan litespeed web server sedangkan saya ingin menggunakan NGINX.

Advertisement

Kenapa nginx, alasannya karena teman yang sudah lebih dulu menggunakan VPS Digital Ocean menggunakan nginx dan karena saya meminta bantuan dia untuk mengoptimasi performa blog ini akhirnya mau tidak mau harus pakai nginx juga.

Agar semua konfigurasi web hosting bisa disamakan dengan miliknya, ya itulah alasan mendasar yang membuat saya akhirnya membatalkan paket hosting di hawkhost bukan karena alasan lain.

Memilih VPS karena bisa lebih bebas mengkonfigurasi serta memilih spek CPU, RAM maupun OS untuk web hosting yang ingin kita pakai walaupun memang biaya sewanya lebih mahal ketimbang paket hosting hawkhost yang hanya $3.74 per bulan.

Agar tidak keluar tagihan baru untuk bulan ini maka kita harus request cancellation atau membatalkan paket hosting yang kita punya dan ternyata hanya butuh 3 langkah untuk melakukannya, berikut detailnya.

  1. Login ke client area kemudian pilih Services setelah itu pilih tombol Active seperti terlihat pada gambar dibawah ini.
  2. Langkah selanjutnya pilih tombol berwana merah “Request Cancellation
  3. Terakhir silahkan isi form untuk menjelaskan alasan kita meminta pembatalan atau ingin berhenti sewa hosting di hawkhost dan setelah terisi pilih tombol Request Cancellation

Setelah kita lakukan 3 langkah diatas selanjutnya adalah menunggu respon dari pihak hawkhost untuk memproses pembatalan paket hosting tersebut.

Nah karena proses ini tidak otomatis artinya walau sudah meminta pembatalan kita harus menunggu respon mereka maka sebaiknya jika ingin berhenti langganan web hosting disana lakukan jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo tagihan berikutnya.

Itulah sedikit pengalaman singkat mengenai langkah yang diperlukan saat kita ingin berhenti atau pindah dari hawkhost ke web hosting lain yaitu meminta pembatalan terlebih dahulu agar tidak ada tagihan baru yang muncul.

Semoga bermanfaat, sekali lagi alasan pindah dari hawkhost ke VPS Digital Ocean lebih karena selera dan kebutuhan saja bukan karena faktor lain.

Karena menurut saya paket shared hawkhost sudah cukup lumayan dan murah sangat cocok untuk pemula atau blog yang masih sepi pengunjung seperti carabimo.com ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *