Cara Transfer atau Kirim Saldo E-cash Ke Rekening Mandiri

Karena penasaran kami akhirnya mencoba transfer saldo e-cash ke rekening mandiri ternyata prosesnya sangat mudah, cepat dan gratis. Tapi sebelum bisa transfer uang e-cash ke mandiri kita harus upgrade terlebih dahulu sehingga menjadi registered.

Advertisement

Bagi pemilik rekening mandiri dan sudah daftar sms banking maka bisa melakukannya dari mandiri sms dengan mengakses (dial) nomor *141*6# kemudian pilih AdminUpgrade Layanan E-cash lalu masukan nomor telepon yang digunakan untuk daftar e-cash.

Terakhir masukan 2 angka acak PIN sms banking kita, dan jika berhasil nanti akan mendapatkan pemberitahuan via sms.

Jelas ya, sebelum bisa kirim e-cash ke rekening mandiri kita harus upgrade telebih dahulu, dan jika sudah maka untuk mengirim uang dari mandiri e-cash ke rekening tabungan bisa dilakukan dengan cara berikut :

Penting : hati-hati jika ada yang akan mengirim uang via e-cash mandiri tetapi anda disuruh pergi ke ATM, karena untuk menerima dana kita tinggal duduk manis tidak perlu melakukan apapun. Baca : cara menerima uang lewat e-cash.

Tidak berbeda halnya jika ada orang yang mau transfer dari bank mandiri atau bank lain ke rekening milik kita, toh kita tinggal diam menunggu uang masuk, nah seperti itulah kira-kira prosesnya.

Baca juga : cara tarik tunai mandiri e-cash di mesin ATM.

Cara Transfer atau Kirim Saldo E-cash Ke Rekening Mandiri

  1. Jalankan aplikasi e-cash dari ponsel kamu kemudian login dengan memasukan PIN.
  2. Pilih menu Kirim e-cash lalu pilih Ke Rekening Mandiri.Cara Transfer atau Kirim Saldo E-cash Ke Rekening Mandiri
  3. Pada detail transaksi, masukan nomor rekening bank penerima, jumlah uang yang akan dikirim serta catatan (jika perlu) lalu Lanjut.Kirim Saldo E-cash
  4. Pada halaman berikutnya kita akan melihat nama pemilik rekening tabungan tersebut, periksa lagi jika jumlah uang serta nama pemlik sudah benar maka pilih Proses.Kirim Saldo E-cash Ke Rekening Mandiri
  5. Terakhir masukan PIN mandiri e-cash kita dan setelah sukses kita akan mendapatkan pemberitahuan via sms dan akan muncul pop up seperti struk ATM yang berisi nomor telepon pengirim, pemilik rekening serta jumlah dana seperti terlihat pada gambar berikut.PIN mandiri e-cash

Sangat mudah dan cepat bukan proses kirim e-cash ke rekening mandiri.

Karena penasaran ingin tahu berapa lama masuknya akhirnya kami cek saldo mandiri via internet banking dan pada saat itu juga dana yang dikirim sudah masuk ke rekening tabungan tujuan walau cuma 5.000 rupiah karena memang ini hanya percobaan.

Prosesnya Berapa Lama?

Seperti pernjelasan diatas, saat mengirim uang dari e-cash ke rekening mandiri maupun ke rekening e-cash orang lain prosesnya instan atau masuk saat itu juga.

Ko tahu? karena saya sudah coba keduanya, sampai saat ini sudah 4x saya kirim dana ke mandiri e-cash teman dan langsung masuk.

Saya Transfer Tapi Ko Tidak Masuk/Sampai ke rekening tujuan?

Seperti terlihat pada penjelasan diatas, proses transfer e-cash ke rekening mandiri maupun sesama e-cash akan berlangsung instan dan jika nomor rekening yang dimasukan benar seharusnya uang langsung terkirim dan sampai ke rekening tujuam.

Jadi pastikan saat akan mengirim kamu sudah memasukan no hp penerima jika akan kirim ke sesama e-cash dan cek juga nama yang muncul. Sedangkan jika akan kirim ke rekening mandiri cek lagi no rek yang akan kamu kirim uang.

Saya sudah 2x transfer ke rekening mandiri dan 4x ke rekening mandiri e-cash teman dan semuanya langsung masuk, entah kalau penyebab tidak sampai sedang ada gangguan sistem, jadi jika kamu sudah merasa memasukan no rekening yang benar lalu saldo terpotong tetapi uang tidak sampai maka sebaiknya segera hubungi cs bank Mandiri.

Tambahan

Karena lumayan banyak yang memposting pengalaman tentang uang di ATM tersedot oleh orang yang menggunakan mandiri e-cash dengan modus korban diminta ke ATM lalu tanpa disadari akhirnya dia top up atau mengisi saldo e-cash milik orang tersebut.

Nah agar anda terhindari dari kejadian seperti itu, berikut adalah beberapa hal penting seputar e-cash yang kami tahu:

#1. Jangan pernah mau jika ada yang meminta ke ATM kemudian memberi perintah untuk pilih menu e-cash kemudian memasukan nomor telepon apalagi sampai memasukan nominal uang.

Karena ada kejadian (ini korbannya teman saya sendiri) setelah menerima telepon, dia pergi ke atm kemudian mengikuti perintah orang yang menelpon.

Tanpa disadari akhirnya saldo tabungannya berkurang, ko bisa?

Setelah ditanya-tanya lagi ternyata dia sudah melakukan isi saldo ke rekening ponsel mandiri (e-cash) yang menelepon.

#2. Jika ada orang yang ingin mengirim uang via e-cash jangan mau diminta melakukan ini itu karena berdasar pengalaman saya, penerima dana tinggal menunggu uang masuk saja.

Otorisasi (OTP) yang dikirim via sms hanya akan dikirim ke nomor pemilik e-cash bukan penerima.

Begitu juga jika orang tersebut berniat mengirim ke rekening tabungan Mandiri, seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sebagai penerima dana tidak perlu melakukan apapun karena setelah transaksi selesai dana akan langsung masuk ke rekening tujuan (milik kita / penerima)

#3. Sebaiknya hanya gunakan e-cash untuk membayar di merchant-merchant resmi yang sudah bekerjasama, contohnya belanja online di elevenia, foodpanda dan masih banyak lagi.

#4. Hanya gunakan e-cash untuk transaksi yang tidak terlalu besar, karena jelas saat ini saldo maksimal hanya 5juta rupiah.

Jadi kalau kita berniat membayar sesuatu dengan e-cash dan lebih dari 5.000.000 jelas susah, karena batas saldo maksimal 5juta.

Nah ini juga bisa menjadi catatan, kalau ada orang yang membayar kita lebih dari 5.000.000 rupiah maka patut dipertanyakan, bagaimana bisa.

Karena saat tulisan ini dibuat jelas, pada halaman resmi e-cash tertera batas maksimal untuk Unregistered (belum upgrade) adalah 1 juta rupiah sedangkan untuk yang sudah upgrade adalah 5 juta rupiah, berikut gambarnya.

batas maksimal e-cash

#5. Selalu gunakan logika dan akal sehat, kalau kita mendapat iming-iming menang undian, hadiah apapun kemudian diminta pergi ke ATM, sudah bisa ditebak ujungnya seperti apa. Jadi jangan pernah tergiur.

Karena darimana ceritanya kita bisa tiba-tiba menang undian? selain itu biasanya saat kita memang benar mendapatkan hadiah maka orang pemberi hadiah akan menghubungi langsung dan meminta kita datang ketempatnya bukan ke ATM.

Itulah sepenggal kisah tentang pengalaman mencoba kirim e-cash ke rekening Mandiri, semoga bermanfaat.

Advertisement

Terimakasih telah berkunjungm jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan atau baca juga : bagaimana cara registrasi mandiri e-cash.

Artikel Terkait

20 Comments

  • Reply aridho November 7, 2016 at 7:09 pm

    Gw ketipu nih td gw di intruksiin tpkalo saya sudah menirima bon dr mesin atm gimana gan apakah saldonya ke kuras semua?

    • Reply Irwan November 7, 2016 at 9:25 pm

      saldonya berkurang sesuai dengan yang kita transfer mas

  • Reply bima November 10, 2016 at 7:49 pm

    Cara isi saldo E Cash Mandiri gimana gan?

    • Reply Irwan November 10, 2016 at 8:55 pm

      kalau punya mandiri bisa lewat sms banking mas tinggal dial *141*6# terus pilih transfer – e-cash masukin no hp tujuan, nominal, pin sms banking langsung masuk dananya
      Bisa juga lewat atm mandiri, masukin kartu – pin atm, pilih menu elektronik – mandiri e-cash – isi ulang
      Kalau dari atm bank lain caranya sama kaya mau transfer ke bank mandiri, cuma bedanya tambahin angka 80 sebelum no telp pas di rekening tujuan

  • Reply Feby rusadatika November 28, 2016 at 4:16 pm

    Gan mau nanya,
    Jika saya mau transfer e cash ke rek. Mandiri,
    Berapa batas maksimal dalam 1 Kali transfer? Contohnya transfer 4.5 jt, Apa bisa dalam 1 kali transfer? Dan apakah bisa jika saldo e cash 3jt ditransfer 3 jt ke rek.mandiri? Atau harus ada sisa seperti 50k ?

    Tolong dijawab, terimakasih

    • Reply Irwan November 28, 2016 at 6:31 pm

      Saya baca2 diaturannya si ga ada batasan sekali transfer mba (yg ada batas maksimal saldo 1jt dan 5jt buat yg udah upgrade)
      e-cash ga perlu ada sisa saldo jadi bisa semuanya ditransfer ke mandiri, jadi kalau ada dana 3juta bisa semuanya ditransfer ke mandiri
      Tapi perlu dicatat, setiap rek e-cash maksimal transaksi 1 bulan adalah 20juta. Perhitungannya akan reset lagi setelah berganti bulan

  • Reply dani December 3, 2016 at 12:08 am

    gan mau nanya nih atm saya ocbc saya kena tipu skitar 150. ngirim k ecash mndiri. sekarang saldo saya Rp. 0. apa nanti kalo atm saya udah d isi lagi saldo. kesedot lagi gak.? tlong jawab

    • Reply Irwan December 3, 2016 at 3:59 pm

      Setahu saya engga bisa kesedot lagi mas, karena buat ngisi ke e-cash harus dilakukan manual dari atm
      e-cash itu terpisah soalnya sama rekening bank & dia ga bisa autodebet

  • Reply AYULI December 7, 2016 at 3:55 pm

    mas semalem sy abs kena tipu mandiri ecash penipu speak membeli jualan online sy. sya klik elektronik money trs top up rekening dan masukan nominal . Pas di lanjutkan bacaan nya Silahkan call mandiri. Gada bacaan berhasil sih mas. Itu sy gagal top up ke rekening penipu itu kan mas brati? Saya lupa sblm nyasaldo sy ada brp . Mhn d jwb.

    • Reply Irwan December 9, 2016 at 7:41 am

      Kalau ga sampai ada keterangan berhasil berarti memang ga sukses top up itu mba
      kalau mba mau nerima dana jangan mau disuruh ke atm, karena kalau terima uang dari e-cash itu kita tinggal kasih no rekening mandiri atau no telepon e-csah kita ga perlu ngapai2n lagi
      kecuali kita mau bayar ke e-cash maka kita harus ke atm atau transfer dari e-cash kita

  • Reply Fitria December 11, 2016 at 7:48 am

    Terimakasih sangat membantu..
    Saya ga jadi ketipu…

  • Reply bebi December 19, 2016 at 7:38 am

    pagi mas..
    sya gk pnya atm mandiri atw e-cash jga krna ini sya bru tahu.. ad yg belanja online k sya, tpi dy mnta byar via e-cash.. trus mnta no.hp sya,, sya ksih.. hbis itu sya dsruh k atm.. cma blum sya lakuin.. ini modus penipuan jga gk yaa.?

    • Reply Irwan December 19, 2016 at 2:26 pm

      wah kalau itu si penipuan mas
      terima uang lewat e-cash cukup kasih no hp yang sudah terdaftar ke e-cash aja ko ga perlu ngapain2 apalagi ke atm
      saya pernah tulis disini http://carabimo.com/cara-menerima-uang-lewat-e-cash-mandiri/

      • Reply bebi December 19, 2016 at 6:01 pm

        syukur deeh.. sya belum ikutin instruksiny mas suruh k atm.. sya bilangny lgi di bank mandiri langsung tanyain bukti e-cash yg di kirim bener atw gk.. ehh mlah hbis itu contact sya langsung delete..

  • Reply Fery December 28, 2016 at 9:09 pm

    Sangat bermanfaat.. Hampir saja saya kena tipu modus transfer via e cash.. Syukurlah saya membaca blog ini dan selamat dari penipuan.. Trimakasih gan

    • Reply Irwan December 28, 2016 at 9:35 pm

      sama-sama mas

  • Reply Friska February 5, 2017 at 7:28 pm

    Selamat malam mas
    Saya ada penjual online
    Baru-baru ada orang yg ingin membeli jualan saya, dan mengatakan akan mentransfer uang ke rekening saya menggunakan mandiri e cash
    Karena saya awalnya tidak mengerti, jadi saya minta dia utk menjelaskan caranya
    Berikut yg dia katakan

    “Sama kayak transaksi biasa gan cuma beda mandiri e cash dana transfer saya cuma bisa di cairkan di mesin atm mandiri,,,Dana transfer saya nggk langsung masuk kalau kode otp dana blum di aktifin gan.”

    Menurut mas bagaimana?
    Saya belum terlalu mengerti
    Terima kasih sebelumnya

    • Reply Irwan February 6, 2017 at 9:28 am

      itu bohong mba
      Pembeli – Transfer ke Rek Mandiri (mba) – Mba diminta ke ATM buat masukin OTP = penipuan
      Yang bener:

      Pembeli – Transfer ke rek mandiri (mba) pakai e-cash – Saldo Rek Mandiri mba bertambah ga perlu apa2 lagi karena dari e-cash ke mandiri saldo langsung masuk
      begitu mba

      • Reply Friska February 6, 2017 at 1:50 pm

        Oke mas
        Makasih buat infonya
        Sangat membantu 🙂

        • Reply Irwan February 8, 2017 at 9:10 am

          sip sama2 mba, intinya kalau ada yg mau transfer dari e-cash ke mandiri sama aja kaya kita nerima transferan dari rek mandiri & uang langsung masuk otomatis

    Leave a Reply