Cara Daftar dan Mengisi Saldo Mandiri e-cash

Carabimo.com – Sudah tahu apa itu Mandiri e-cash? bagaimana cara registrasi dan mengisi saldo mandiri e-cash? Jika belum silahkan simak artikel singkat ini, yang isinya tentang pengalaman kami daftar mandiri e-cash di HP Android kemudian melakukan pengisian saldo via SMS banking.

Setelah saldo terisi nantinya bisa kita gunakan sebagai alat pembayaran, misal untuk belanja online di Tokopedia dan masih banyak lagi.

Advertisement

Sederhananya mandiri e-cash adalah uang elektronik yang tersimpan di HP dan dapat digunakan untuk membayar/belanja online tanpa harus memiliki rekening Mandiri. Jadi setelah kita daftar maka nomor HP tersebut akan menjadi no rekening, saldo dapat kita isi menggunakan rekening mandiri maupun bank lain yang sudah terdaftar.

Untuk pengisian saldo ada beberapa cara yaitu lewat ATM, Mandiri Internet, SMS Banking maupun clickpay. Masih bingung?

Begini, contoh kita ingin membeli pulsa listrik online di Tokopedia tetapi tidak mempunyai kartu kredit, BCA maupun BRI. Nah salah satu solusinya adalah dengan mendaftar e-cash kemudian isi saldo tanpa perlu membuka rekening Mandiri terlebih dahulu.

Setelah saldo terisi maka kita bisa pakai untuk membayar di Tokopedia dan beberapa merchant lain yang sudah bekerja sama.

Cara Daftar atau Registrasi Mandiri e-cash di HP Android

Nah bagi sobat yang penasaran atau ingin mencoba e-cash berikut adalah cara untuk registrasinya.

  1. Unduh dulu aplikasinya dari Google Play Store kemudian jalankan.
  2. Saat pertama kali dijalankan akan muncul beberapa halaman yang berisi info tentang e-cash, pilih SKIP.
  3. Kemudian pilih Mulai – lalu Setuju untuk melakukan verifikasi via SMS. Pastikan nomor yang akan digunakan untuk daftar memiliki pulsa yang cukup. Jika muncul command dialog pilih Send.Cara Daftar atau Registrasi Mandiri e-cash di HP Android
  4. Setelah verifikasi berhasil, selanjutnya isi data-data berupa nama lengkap, alamat email dan tanggal lahir lalu Lanjut.Registrasi Mandiri e-cash
  5. Berikutnya, buat PIN yang akan digunakan setiap transaksi (6 digit) sebanyak 2x. Lalu isi juga kata rahasia yang bisa kita gunakan untuk reset PIN e-cash saat lupa.
  6. Terakhir pilih Mulai Gunakan e-cash, dan setelah sukses daftar maka kita akan melihat nomor rekening Mandiri e-cash yang tidak lain adalah nomor HP yang kita gunakan untuk daftar.Mulai Gunakan e-cash

Sampai pada langkah diatas maka proses registrasi mandiri e-cash sudah berhasil.

Selanjutnya yang diperlukan adalah mengisi saldo agar bisa kita gunakan untuk belanja online maupun membeli pulsa elektrik atau token PLN langsung dari aplikasi e-cash.

Info : Jika ponsel yang digunakan untuk menginstall aplikasi memiliki dua nomor atau dual sim card maka yang terbaca adalah sim card pada slot 1.

Bagaimana Cara Mengisi Saldo E-Cash Mandiri?

Seperti sudah kami jelaskan diatas, pengisian bisa dilakukan dari ATM, Internet Banking, SMS Banking Mandiri atau lewat bank lain seperti BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Danamon dan lainnya.

Untuk lebih detailnya bank apa saja, bisa sobat lihat langsung dari aplikasinya.

Pada kesempatan kali ini kami akan mencontohkan proses pengisian saldo lewat SMS Banking dial *141*6# dan berikut detailnya.

  1. Dial ke nomor *141*6# kemudian pilih No. 3 Transfer.
  2. Pilih lagi No. 3 e-cash.
  3. Selanjutnya masukan nomor rekening (nomor HP yang tadi kita daftarkan)
  4. Masukan jumlah uang yang akan kita transfer ke e-cash, misal 30.000
  5. Terakhir masukan 2 digit PIN SMS banking sesuai dengan permintaan, Selesai.

Jika proses pengisian saldo berhasil maka kita akan mendapatkan sms pemberitahuan, kemudian saldo pada aplikasi e-cash juga akan bertambah, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Cara Daftar dan Mengisi Saldo Mandiri e-cash

Info : Jika saldo tidak bertambah coba cek lagi beberapa saat karena saat kami selesai mengisi saldo dan mendapatkan sms notifikasi memang di aplikasi e-cash tidak langsung bertambah, tetapi kami refresh dulu baru terlihat penambahannya.

Amankah E-Cash Mandiri?

Secara sistem memang cukup aman, karena setiap kali akan melakukan transaksi pembayaran misalnya kita harus memasukan PIN dan jika kita pakai untuk membayar secara online kita juga harus memasukan kode OTP.

Bagaimana jika HP hilang atau dicuri?

Ketika sim card yang dipakai untuk daftar hilang maka jelas kita tidak bisa mengakses lagi namun kita bisa meminta bantuan operator seluler yang kita gunakan untuk mendapatkan kembali nomor yang sama sehingga nantinya saldo e-cash akan kembali.

Namun perlu dicatat uang yang ada di e-cash tidak akan hilang selama tidak ada orang lain yang mengetahui PIN untuk transaksi.

Untuk info lebih lanjut sebaiknya baca dulu tanya jawab di halaman resmi Mandiri E-cash ini sehingga kamu tahu apa saja kelebihan, kekurangan termasuk resikonya.

Kesimpulan :

Mandiri e-cash bisa menjadi solusi alternatif pembayaran saat kita belanja online tetapi tidak punya kartu kredit, tidak ada internet banking atau jauh dari ATM.

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya jangan menyimpan saldo terlalu banyak untuk mencegah hal yang tidak diinginkan misalnya hp hilang dicuri.

Untuk bisa tarik tunai di ATM kita harus upgrade layanan sehingga statusnya menjadi registered yang bisa dilakukan ke cabang mandiri terdekat. Baca juga : pengalaman kirim e-cash ke rekening Mandiri.

Hati-hati untuk meminta pemblokiran rekening e-cash karena hanya user registered yang bisa membuka kembali, jika kamu baru daftar dan belum upgrade kemudian ponsel hilang misalnya jangan buru-buru minta pemblokiran tetapi coba komunikasi dulu dengan pihak Mandiri baik melalui call Mandiri di nomor 14000.

Itulah sedikit info mengenai mandiri e-cash mulai dari daftar sampai cara mengisi saldo.

Apakah sobat sudah pernah menggunakan e-cash Mandiri? bagaimana menurut kamu apakah layanan ini aman? cukup membantu atau sebaliknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *