Cara Cek Saldo E-Toll Card Via ATM atau Mandiri Internet

Advertisement

Ada 3 cara cek saldo e-toll card yaitu langsung dari HP Android yang sudah support NFC, cek melalui ATM atau secara online melalui mandiri internet banking dan pada kesempatan kali ini carabimo.com akan membahas cara mengecek lewat atm dan internet banking.

Untuk mengetahui sisa saldo e-toll card lewat atm tanpa perlu membawa kartu atm mandiri tidak seperti saat akan melakukan top up karena kita cukup tekan tombol hijau kemudian pilih menu e-money dan tempelkan kartu pada tempat yang sudah disediakan.

Sedangkan jika ingin cek saldo secara online lewat internet banking syarat utamanya kita harus sudah registrasi internet banking dulu baik via atm maupun dengan datang langsung ke kantor cabang dan mengetahui nomor yang tertera pada kartu e-toll tersebut.

Cara Cek Saldo E-Toll Card Via ATM

Sebelum pergi ke atm pastikan dulu mesin yang akan anda tuju sudah memiliki logo e-money kemudian lakukan langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol berwana hijau pada mesin atm.
  2. Kemudian pilih menu Mandiri E-Money.
  3. Setelah itu tempelkan karu e-toll anda pada tempat yang ada logo e-money berwana kuning dan pilih menu Informasi Saldo.
  4. Tunggu beberapa saat dan nanti akan muncul di layar tulisan Saldo Kartu Prabayar Mandiri Anda … dan dibawahnya akan terlihat berapa saldo yang tersisa seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Catatan : jika anda sudah lakukan langkah diatas tetapi informasi saldo tidak muncul di layar mesin atm maka silahkan cek lagi ditempat lain karena kemungkinan mesinnya yang bermasalah.

Cara Mengecek Sisa Saldo Kartu E-Toll Online Via Internet Banking

Alternatif lain untuk mengetahui saldo e-money atau e-toll card mandiri maupun e-money indomaret card adalah melalui layanan internet banking dan ini bisa kita lakukan dari komputer/laptop maupun HP melalui mobile browser dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs mandiri internet banking melalui tautan ini kemudian masukan userID dan password anda.
  2. Setelah masuk pilih menu Uang ElektronikMandiri E-MoneyInformasi Saldo.
  3. Masukan 16 digit nomor kartu e-toll lalu pilih tombol Kirim.
  4. Nanti akan muncul sisa saldo lengkap dengan rincian transaksi e-toll card yang kita cek tersebut.

Tidak sulit bukan? jika diperhatikan ternyata saldo saat cek di atm dan saat cek melalui mandiri internet banking berbeda 1.000 rupiah, ko bisa?

Perbedaan diatas terjadi karena setelah cek saldo e-toll saya iseng top-up dengan nominal 1.000 rupiah ternyata gagal tapi tidak melakukan update saldo lagi dan langsung pulang dan ternyata saat mengecek secara online saldo nominal isi ulang yang gagal tersebut sempat tercatat walaupun transaksi gagal.

Itu sebabnya sangat penting jika sudah mengisi saldo kita langsung update melalui mesin atm atau edc yang biasanya ada di beberapa super market seperti indomaret.

Selain via HP, ATM dan internet banking di situs resmi bank mandiri disebutkan kita bisa cek melalui sms tetapi berkali-kali saya coba ternyata tidak bisa alias selalu gagal dan sempat tanya ke CS jawabannya kurang memuaskan alias kurang nyambung karena malah disuruh cek via atm.

Itulah dua cara cek saldo e-toll card atau mandiri e-money yang termudah yaitu lewat atm atau mandiri internet, tetapi seperti saya sebutkan diatas jika anda memiliki HP Android yang mendukung NFC maka bisa melakukan pengecekan maupun update saldo setelah top up melalui hp dengan menginstall dulu aplikasi e-money dari Google Play Store.